Orang-orang Batak Jakarta Teriakkan Ahok di Acara Danau Toba

Coky Simanjuntak | Rabu, 12 April 2017 16:04:10

Amigos Band di acara Semalam di Danau Toba/batakgaul
Amigos Band di acara Semalam di Danau Toba/batakgaul

Sepuluh ribuan orang Batak yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya menghadiri acara Semalam di Danau Toba di Gedung Mulia, Jakarta, Selasa (11/4) malam.

Meski acara ini bukan kampanye Pilgub DKI 2017, halak hita yang hadir tak kuasa menahan ekspresinya untuk mendukung Ahok-Djarot. 

Sambil bernyanyi, mereka sering kali mengangkat tangan melambaikan 2 jari, yang menjadi salam khas pasangan nomor dua tersebut.

Acara semakin semarak karena dihadiri sejumlah artis Batak, seperti RNB Trio, Victor Hutabarat, Rita Butarbutar, Amigos Band, Style Voice dan masih banyak lagi.

Demi mendukung Ahok, RNB Trio dalam penampilannya juga mengubah sedikit lirik lagu ‘holan ho do hasian’ menjadi ‘holan ho do ahok’, yang dibalas lambaian salam 2 jari oleh hadirin. Amigos Band juga secara khusus membawakan lagu ‘Hip-hip Hura’, lagu kampanye Ahok-Djarot.

Walau Ahok-Djarot tidak ikut hadir, acara tetap semarak karena dihadiri sejumlah tokoh Batak, seperti Maruarar Sirait, Trimedya Panjaitan, Sukur Nababan, Nurdin Tampubolon, serta empat bupati sekitar Danau Toba, yakni Nikson Nababan, Dosmar Banjarnahor, Rapidin Simbolon dan Darwin Siagian. 

Maruarar Sirait (tengah) bersama tokoh Batak lainnya/batakgaul

Tidak kalah dengan artis-artis Batak, aksi panggung para bupati ini juga menghebohkan sepuluh ribu halak hita yang hadir. Misalnya saja, duet abang-adik, Nikson dan Sukur Nababan yang menyanyikan lagu ‘Boru Panggoaran’.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian, berharap acara Semalam di Danau Toba ini tidak hanya digelar di Jakarta, tetapi juga di Bona Pasogit.

“Ayo kita pulang kampung dan menggelar acara ini di Bona Pasogit, sekaligus berwisata,” ajak Darwin.

Maruarar Sirait (kiri) dan Bupati Taput Nikson Nababan (kanan)/batakgaul

Dalam kesempatan itu, Maruarar Sirait menyampaikan salam dari Presiden Jokowi untuk masyarakat Batak yang hadir. Politikus PDI Perjuangan itu mengajak, halak hita menyatukan hati untuk Indonesia dan Danau Toba.

“Jangan biarkan bupati-bupati kita ini membangun Danau Toba sendirian,” ujar Ara, sapaan akrab anak politikus senior, Sabam Sirait ini.