Orang Jakarta Lebih Banyak ke Danau Toba Ketimbang Orang Medan

Coky Simanjuntak | Rabu, 18 Januari 2017 11:01:30

Danau Toba/batakgaul
Danau Toba/batakgaul

Dibukanya penerbangan langsung Jakarta-Silangit pada tahun lalu terbukti meningkatkan kunjungan orang-orang dari ibu kota ke Danau Toba. Bahkan, kunjungan orang Jakarta ke Danau Toba lebih banyak dari orang Medan sendiri.

Setidaknya hal ini terjadi saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dihadiri Presiden Jokowi pada Agustus 2016.

“Jadi seperti adan diskonektivitas antara Medan dan Danau Toba,” kata Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BPOPKPDT), Arie Prasetyo, dalam sosialisasi di Jakarta, Senin (17/1).

Menurut Arie, seharusnya Medan-Danau Toba bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Karena sudah ada kereta Siantar Express rute Medan-Siantar yang beroperasi 2 kali sehari.

Namun, Arie mengakui masih kurangnya akses Medan-Danau Toba, sehingga pemerintah terus mengkaji untuk jalur kereta tambahan dari Siantar untuk sampai ke Danau Toba.

“Karena konturnya (Danau Toba) cukup ekstrim, jadi sedang dikaji apakah jalurnya ditambah sampai Parapat atau dialihkan ke Saribu Dolok,” ujar Arie.

Arie berharap ke depan, perjalanan Medan-Danau Toba dengan kereta bisa seperti Jakarta-Bandung sekarang setelah adanya Tol Cipularang. Jadi, orang bisa pulang pergi dalam waktu satu hari.

“Jadi mindsetnya berubah. Kalau udah changing mindset, semoga akan mengubah perilaku,” ujarnya.