Orang Batak Jakarta Pilih Nomor Berapa? 

Laurencius Simanjuntak | Sabtu, 11 Februari 2017 13:02:25

Cagub nomor urut 1 dan 2 mengenakan ulos/istimewa
Cagub nomor urut 1 dan 2 mengenakan ulos/istimewa

Tinggal dalam hitungan hari, Pilgub DKI 2017 yang akan sampai pada tahap pemungutan suara. Ujung dari kampanye yang panas dan debat yang keras, akan kelihatan hasilnya di bilik suara pada Rabu 15 Februari mendatang.

Lalu, pada pasangan nomor berapa mayoritas orang Batak di Jakarta memberikan suaranya?

Suara orang Batak di Jakarta tidak bisa dianggap remeh. Belum ada data yang pasti soal berapa jumlah pemilih Batak dari total 7,1 juta warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih. 

(BACA: 3 Alasan Orang Batak Toba Banyak Merantau ke Jakarta)

Namun, menurut sensus 2010, jumlah orang Batak di Jakarta mencapai 326.332 orang atau 3,39 persen penduduk ibu kota. Persentase ini hampir sama dengan jumlah etnis Batak yang merupakan ketiga terbesar secara nasional yakni 3,58 persen. 

Tapi ingat, itu data dari Sensus 2010. Sebagai suku bangsa yang pertumbuhannya terpesat di Indonesia, yakni 3,93 persen per tahun, jumlah orang Batak tahun 2017 pastilah bertambah signifikan.

Soal signifikannya suara pemilih Batak di Pilgub DKI 2017, para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pun berlomba berebut simpati pada halak hita. 

(BACA: Batak Suku Bangsa Terbesar Ketiga di Indonesia)

Setidaknya hal ini dilakukan oleh pasangan nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) dan pasangan nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot). 

Sedangkan, berdasarkan catatan batakgaul.com, pasangan nomor 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi), jarang sekali atau bahkan tidak pernah melakukan pendekatan terhadap orang Batak.

Lalu bagaimana pasangan nomor 1 dan 2 menarik simpati pemilih halak hita?