Orang Batak Alumni ITB akan Buat Patung Yesus seperti di Brasil

Ester Napitupulu | Sabtu, 01 Oktober 2016 10:10:32

Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil/traveldigg.com
Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil/traveldigg.com

Sekelompok orang Batak yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) berencana membuat patung Yesus yang akan berdiri di objek wisata Sipinsur, Kabupaten Humbang Hansundutan, Sumatera Utara.

Rencananya, patung ini akan mirip dengan Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor) yang berdiri di ketinggian Kota Rio de Janeiro, Brasil.

“Pemkab Humbang Hasundutan hanya menyiapkan lahan, kami yang membangunnya, kata Ramles Manampang Silalahi di Bukit Inspirasi Doloksanggul, Kamis (29/9).

(BACA: Arsitek Batak Perancang Masjid Istiqlal)

Ramles adalah Ketua Umum Perkumpulan Gaja Toba Semesta (PGTS), organisasi yang dibentuk para alumni ITB tersebut pada Mei 2016 lalu. Sudah berbadan hukum, PGTS kini berkantor di Cikini, Jakarta Pusat.

Ramles melanjutkan, rencana pembangunan patung Yesus itu adalah bentuk panggilan karena pemeritah telah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata andalan Indonesia ke depan.

"PGTS terpanggil dan harus pulang kampung untuk ikut membangun Danau Toba,” kata Ramles.

(BACA: Humbang Hasundutan Tuan Rumah Natal Nasional 2016, Jokowi Hadir!)

Selain membangun patung Yesus, kata Ramles, PGTS juga akan memberikan pelatihan, seminar kepada putra-putri dan guru-guru di wilayah Danau Toba.

Ke depan, lanjut Ramles, PGTS juga akan menyumbangkan komputer, proyektor termasuk jaringan internet ke sekolah-sekolah yang membutuhkan khususnya di wilayah Danau Toba. 

"Inilah kerinduan alumni ITB untuk membangun kampung halamannya. Jangan nantinya putra-putri di wilayah danau toba kalah bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.