Natal Nasional 2016 Digelar di Humbahas & Tondano, Jokowi Hadir!

Ester Napitupulu | Jumat, 21 Oktober 2016 05:10:31

Presiden Jokowi dan Uskup Agung Jakarta/viva
Presiden Jokowi dan Uskup Agung Jakarta/viva

Perayaan Natal secara Nasional Tahun 2016 akan dipusatkan di dua tempat. Perayaan di Humbang Hasundan (Humbahas), Sumatera Utara, pada 26 Desember 2016, dan perayaan di Tondano, Sulawesi Utara pada 27 Desember. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir dalam dua perayaan Natal tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Plt Dirjen Bimas Kristen Abd. Rahman Masud dan Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Ruang Kerja Menag, Gedung Kemenag Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (20/10).

Selain menghadiri perayaan Natal, kehadiran kepala pemerintahan juga dalam rangka kunjungan kerja dan meresmikan Geotermal di Kabupaten Tapanuli Utara dan Pelabuhan di Kota Bitung. 

"Rencananya, Presiden akan meresmikan Geotermal pad 26 Desember. Sore atau malamnya, menghadiri Natal di Humbang Hasundan," terang Masud.

Pada 27 Desember pagi, Presiden akan bertolak ke Manado. “Untuk kemudian menghadiri Natal di Tondano-Kabupaten Minahasa," tambahnya.

Kedatangan Abd Rahman Masud dan Eusabius Binsasi adalah dalam rangka meminta SK Kepanitiaan kepada Menag Lukman Hakim Saifuddin. SK itu penting sebagai dasar penyiapan beragam kegiatan dan acara agar bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya dan untuk bisa berkoordinasi dengan baik. 

Sebelumnya, dalam SK Menteri Agama Nomor 498 tahun 2016 tanggal 31 Agustus 2016, disebutkan perayaan Natal Nasional 2016 hanya disebutkan di satu tempat, yakni Doloksanggul, Humbang Hasundutan. 

SK juga menjadikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebagai ketua umum dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dumoly Freddy Pardede sebagai ketua pelaksana. Belum diketahui apakah dengan SK baru nanti, struktur kepanitian juga akan berubah.