Menteri Basuki: Semangat Orang Batak Itu yang Saya Pegang!

Ester Napitupulu | Rabu, 09 November 2016 16:11:27

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/pu.go.id
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/pu.go.id

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono kini banyak berhubungan dengan orang Batak karena pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Tapi tahukan kalian, walau bukan orang Batak, pria kelahiran Solo 61 tahun silam ini ternyata bangga terhadap halak hita. 

"Semangat orang Batak itu yang saya pegang. Makanya saya bangga dengan orang Batak,” kata Basuki dalam sebuah kesempatan di Toba Samosir, Sumatera Utara, beberapa bulan lalu.

(BACA: Cerita Ketua MPR Ditolong Orang Batak Saat Merantau ke Jakarta)

Semangat Batak itu, kata Basuki, dilakukannya ketika beasiswa S2 dan S3-nya di Amerika Serikat diputus pada 1980-an.

"Saya bilang ke istri saya, berani tidak (lanjut sekolah) dengan saya sendiri tidak punya apa-apa gini? Orang Batak itu kalau cuma kaya gini bisa hidup," kenang Basuki.

Dengan berbekal cara berjuang orang Batak itulah, kata Basuki, dia dan istrinya akhirnya menyanggupi untuk sekolah hingga mendapat gelar doktor, kendati harus menjadi kuli hingga loper koran. Sementara sang istri menjadi pelayan di rumah makan.

(LIHAT VIDEO: Cara Orang Batak Mendidik Anaknya Ini Bikin Haru!)

Semangat tempur (fighting spirit) ala orang Batak itulah yang diakui dicontoh Basuki.

"Jadi intinya kita semua bisa pintar, asal punya fighting spirit tinggi, akhlak karimah. Indonesia pasti maju, Danau Toba juga maju,” kata Basuki yang kementeriannya menganggarkan ratusan miliar untuk pembangunan Danau Toba.

SPONSORED
loading...