Menpar: Silangit Harus Jadi Bandara Internasional Tahun Ini!

Laurencius Simanjuntak | Selasa, 21 Maret 2017 15:03:16

Menpar Arief Yahya/batakgaul
Menpar Arief Yahya/batakgaul

Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan Bandara Silangit harus menjadi bandara internasional pada 2017 ini. Sebab, bandara di Siborongborong, Tapanuli Utara itu adalah pintu masuk utama bagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Danau Toba.

“Saya sudah kirim surat ke Menhub, Bandara Silangit akan jadi bandara internasional. Ini harus terjadi tahun ini,” tegas Arief dalam peluncuran Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017 di Jakarta, Senin (20/3) malam.

“Kalau Silangit tidak jadi international airport, akan susah jadi destinasi wisata internasional,” imbuh Arief.

Caption

Hal ini, lanjut Arief, karena 75 persen kedatangan wisman adalah melalui udara (75 persen), laut (24 persen) dan menyeberang perbatasan di darat (1 persen).

“24 Persen itu hampir semuanya di Kepri. Jadi kalau untuk Danau Toba, ya utamanya pesawat,” kata mantan Dirut PT Telkom itu.

Oleh karena itu, kata Arief, perluasan Bandara Silangit yang tadinya ditujukan hanya untuk 100 ribu penumpang, kini diubah menjadi 500 ribu penumpang.

“Karena wisatawan tahun ini saja sudah lebih dari 100 ribu,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Khusus untuk Danau Toba adalah 1 juta wisman dan 5 juta wisatawan atau perjalanan lokal.