Menko Luhut Minta Bandara Sibisa di Ajibata Selesai 2018

Ester Napitupulu | Kamis, 06 Oktober 2016 17:10:16

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan/FB
Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan/FB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan seluruh proyek infrastruktur yang menopang kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara, dikebut dengan target selesai pada triwulan  pertama 2019.

Namun, untuk peningkatan Bandar Udara Sibisa di Ajibata, Toba Samosir, diharapkan sudah kelar pada 2018.

“Jalan dari pertigaan Kampung Ajibata ke (Bandara) Sibisa 12 kilometer dan tiga kilo meter dari Sibisa ke resort itu juga harus jadi,” kata Luhut di Kantor Kementerian Energi, Jakarta, kemarin.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan landasan pacu Bandara Sibisa harus diperluas sampai 2.400 atau 2.500 meter agar Boeing 737-800 bisa mendarat.

“Cuma sekarang kan baru 700 meter panjang sama 23 meter lebar, jadi masih harus dibesarin lagi, minimal lebar 45 meter,” ujar Arif.

Bandara Sibisa/blogspot

Dengan perluasan Bandara Sibisa ini, kata Arif, Garuda akan menambah penerbangannya ke wilayah tersebut. Bahkan,  jika Bandara Sibisa sudah menampung pesawat Boeing 737- 800, penerbangan dari Singapura diharapkan dapat langsung menuju Bandara Sibisa tanpa perlu transit.

Luhut menambahkan sedang mengembangkan program sinkronisasi antara kementerian, lembaga, dan BUMN dalam rengka mengembangkan kawasan wisata Danau Toba. Semua demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, terutama dari mancanegara.

“Infrastruktur jalan dari Tebing Tinggi-Siantar, Siantar-Danau Toba, toll road-nya harus jadi,” tegas Luhut.

Soal krisis listrik yang masih dialami Sumut, kata Luhut, juga diharapkan bisa selesai dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hidro sebesar 70 MW pada tahun depan.

SPONSORED
loading...