Menengok Museum Sisingamangaraja XII yang Terbengkalai di Balige

Alex Siagian | Jumat, 18 Agustus 2017 20:08:38

Museum dan Perpustakaan Sisingamangaraja XII/alex
Museum dan Perpustakaan Sisingamangaraja XII/alex

Batakgaul.com - Di tengah euforia peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, ada pemandangan yang cukup memprihatinkan di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Museum dan Perpustakaan Pahlawan Nasional, Raja Sisingamangaraja XII, yang terletak di Desa Pagar Batu, Sopo Surung, Balige, tampak terbengkalai.

Batakgaul.com Kamis (17/8) menyambangi gedung yang diresmikan pada 23 April 2010 tersebut. Pantauan kami, beberapa jendela kaca gedung tampak terbuka. Lantai keramik putih pun sudah diselimuti debu tebal.

Di bagian dalam gedung ini terlihat beberapa lemari berisi buku yang sebagian tampak berserak. Tidak tersusun, bahkan penuh berdebu.

Bagian depan Museum dan Perpustakaan Raja Sisingamangaraja XII tampak kotor/alex

Ya, seisi ruangan gedung terlihat tidak terurus. Seolah hanya menjadi pajangan, gedung ini benar-benar terlantar. Padahal, pada saat peresmiannya 7 tahun silam, hadir tiga nama besar, termasuk Surya Dharma Paloh dan Bupati Tobasa kala itu, Monang Sitorus.

Parahnya lagi, saat batakgaul.com berkunjung, Kamis (17/8), tidak ada satu orang pun yang terlihat mengurus atau menjaga gedung ini.

Pelang Museum dan Perpustakaan Raja Sisingamangaraja XII/alex 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Toba Samosir Rudi Hasiholan Sitompul mengatakan Museum dan Perpustakaan Raja Sisingamangaraja XII tidak berada di bawah naungan instansinya.

"Itu bukan di bawah naungan kita. Belum ada serahterima nya sama kita,” ujar Rudi kepada media.

"Saya juga kurang tau siapa pengelolanya itu,” ujarnya.