Mantap! Jokowi Pilih Elia Massa Manik Jadi Dirut Pertamina

Coky Simanjuntak | Kamis, 16 Maret 2017 14:03:40

Elia Massa Manik, Dirut PT Pertamina (Persero)/ptpn3.id
Elia Massa Manik, Dirut PT Pertamina (Persero)/ptpn3.id

Satu lagi orang Batak menjadi kepercayaan Presiden Jokowi. Dia adalah Elia Massa Manik, yang baru saja ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Penunjukan ini berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (16/3).

"Pada pagi tadi ada penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada Bapak Elia Massa Manik," ujar Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo di Jakarta. 

(BACA: Jokowi Lantik Sahat Sitorus Jadi Dubes RI untuk Timor Leste)

Sebelum ditunjuk menjadi Dirut Pertamina, Manik sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, yang berkantor di Medan, Sumatera Utara.

Di BUMN yang bergerak bidang perkebunan sawit dan karet itu, Manik dinilai sukses menjalankan restrukturisasi dengan memangkas jumlah direksi.

Pria kelahiran Kabanjahe, Kabupaten Karo ini juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa sejak Juli 2011 hingga 2014. 

(BACA: Sejarah Orang-orang Batak Pimpin KPK)

Saat itu, dia dianggap sukses membawa kinerja Elnusa menjadi lebih baik setelah terungkapnya kasus pembobolan dana perusahaan di Bank Mega.

Gatot tidak memungkiri, kiprah Manik di BUMN jasa minyak dan gas itulah yang membuatnya terpilih menjadi orang nomor satu di Pertamina.

"Bagaimana dia mentransformasi Elnusa, track record beliau sangat membanggakan," tandasnya.