Mantan Petinju Nasional Asal Sumut Liston Siregar Meninggal Dunia

Maruli Simarmata | Kamis, 25 Agustus 2016 07:08:31

Ilustrasi petinju
Ilustrasi petinju

Mantan petinju kelas berat ringan amatir nasional asal Sumatera Utara era tahun 1980-an Liston Siregar meninggal dunia. Dia menghembuskan nafas terakhir pada usia 53 tahun, Selasa malam (23/8) Pukul 22.40 WIB.

Sebelum dikebumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU), Rabu (24/8), yang tidak jauh dari kediamannya, almarhum disemayamkan di rumah duka di Jalan Setia Budi Pasar I Medan.

Sekretaris Umum Pertina Sumatera Utara, Eddy Sibarani mengatakan, Indonesia khususnya Sumatera Utara merasa kehilangan atas meninggalnya mantan petinju yang pernah meraih medali emas di SEA Games 1985 dan PON XIV 1996.

(BACA: 4 Sejarah Dicetak Presiden Jokowi di Tano Batak)

Liston semasa aktifnya sebagai petinju merupakan jagonya di kelas berat dan berat ringan. Menurutnya, sampai sekarang belum ada petinju dari Sumatera Utara menyamai prestasinya di kedua kelas itu.

"Setelah Liston, nyaris tidak ada petinju Sumut yang seperti dirinya di kelas yang sama. Kita tentunya benar-benar merasa kehilangan,” kata Eddy seperti dikutip Antara.

(BACA: Klub Sepakbola Pertama di Indonesia Didirikan Orang Batak)

Ia mengatakan, prestasi yang pernah di raih Liston Siregar tersebut diharapkan dapat menjadi pemacu bagi petinju-petinju muda Sumatera Utara, sehingga kembali dapat mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

"Kita harapkan kedepannya akan lahir Liston-Liston muda, sehingga nama Sumatera Utara sebagai gudangnya petinju-petinju handal terus terjaga," katanya.