Malam Natal, Mendagri, Kapolri & Panglima Kunjungi HKBP Menteng

Coky Simanjuntak | Minggu, 25 Desember 2016 06:12:10

HKBP Menteng/FB
HKBP Menteng/FB

Mendagri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berkeliling ke gereja-gereja di Jakarta saat perayaan Malam Natal, Sabtu (24/12). 

Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban pelaksanaan ibadah/misa malam Natal. 

Gereja HKBP Menteng di Jalan Jambu, Jakarta Pusat, adalah yang pertama kali mereka sambangi. Saat memasuki gereja pukul 20.10 WIB, para pejabat negara itu kompak menyalami para jemaat sambil mengucapkan Selamat Natal.

Ditemani anggota DPR yang juga jemaat HKBP Menteng, Effendi Simbolon, mereka kemudian langsung menempati kursi barisan paling depan. Jemaat tampak antusias menyambut kehadiran rombongan. 

‎"Kedatangan kami kesini ingin memastikan malam Natal benar-benar aman. Sebagai gembala, saya berharap Bapak Pendeta bisa memimpin jemaat menuju kedamaian," ucap Kapolri.

(BACA: Doloksanggul Sambut Kedatangan Jokowi, Ini Persiapannya!)

Dalam kesempatan itu, Mendagri menyampaikan agama, suku, ras, dan antar-golongan jangan dipandang sebagai suatu perbedaan.

"Bahwa perbedaan antar agama, suku, ras dan antar-golongan itu yang menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap dia.

Menurut dia, Indonesia adalah milik semua rakyat Indonesia, atau bukan hanya dimiliki golongan tertentu.

"Tugas pemerintah yang di dalamnya ada kepolisian, ada TNI, tugasnya untuk menjaga negara kesatuan kebhinekaan. Kapolri dan Panglima TNI siap menjaga Indonesia dari Sabang sampai Marauke," kata Tjahjo.

(BACA: Cerita Lucu Si Ucok Celananya Putus Saat Liturgi Natal)

Selanjutnya Panglima juga mengucapkan selamat Natal. "Selamat Natal, semoga damai kasih Natal menyertai Bapak Ibu. Selamat Natal untuk kita semua," ujar Panglima.

Selain HKBP Menteng, rombongan juga meninjau GKI di Jl Panglima Polim, Gereja Immanuel dan Katedral.