Lomba Tortor Demi Menjaga Semangat Hidup Ompung

Coky Simanjuntak | Kamis, 12 Mei 2016 00:05:45

Ilustrasi Tortor/blogspot
Ilustrasi Tortor/blogspot

Menjaga semangat hidup adalah hal penting bagi setiap orang, tak terkecuali para lanjut usia (lansia) seperti ompung-ompung kita. Untuk tetap menjaganya, para lansia perlu mengisi hari-hari dengan berbagai kegiatan produktif.

Seperti dalam acara Gebyar Lansia di Kota Pematangsiantar kemarin, para lansia turut serta dalam perlombaan tortor, koor, joget gembira, dan senam massal.

"Kegiatan yang ketiga kali ini merupakan ajang untuk bergembira bersama agar kita sehat selalu menjalani usia tua ini,"  kata Ketua Panitia Gebyar Lansia Maringan Sitindaon, kemarin.

Kegiatan yang digelar di lapangan STT HKBP, Kota Pematangsiantar kemarin itu dihadiri ratusan lansia yang berasal dari tujuh kelurahan di Kecamatan Siantar Timur. Pada kesempatan tersebut, camat dan seluruh lurah bersama panitia yang didampingi Danramil Siantar Timur, memberikan seperangkat ulos Simalungun kepada Pj Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik.

"Usia lanjut tidak menjadikan seseorang untuk berhenti berkarya dan menjalin silaturahim," ujar Jumsadi.

Apalagi, kata Jumsadi, negara memberikan jaminan hak yang sama bagi para lansia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Untuk itu, para lansia diharapkan tetap bersikap optimistis bahwa dirinya berguna, menyadari bahwa tua adalah proses alamiah yang harus dihadapi setiap orang dan tidak perlu ditakuti.

"Usia tua tidak harus menyebabkan seseorang terisolasi dari kehidupan sosial," ujar Jumsadi.

Karena usia tua merupakan saat untuk instropeksi tentang sukses atau kegagalan di masa muda, dan hal-hal positif dapat ditularkan kepada generasi berikutnya.

Jumsadi juga menyampaikan apresiasi kepada lansia yang bisa menjaga kesehatan sehingga tetap beraktivitas dan menjalankan amal ibadah sesuai agama masing-masing.

"Orang-orang muda harus belajar dari para lansia, bagaimana cara menjaga kesehatan sehingga tetap sehat di usia tua," pesan Jumsadi.