Lomba Marathon di Samosir akan Diikuti Pelari dari 16 Negara

Jordan Silaban | Rabu, 14 September 2016 07:09:41

Lomba Samosir Ultra Marathon 2015/samosirultramarathon.com
Lomba Samosir Ultra Marathon 2015/samosirultramarathon.com

Demi mendongkrak pariwisata, sejumlah kegiatan terus digelar di Danau Toba, Sumatera Utara. Terbaru, di danau kebanggan orang Batak ini akan diadakan lomba marathon Samosir Lake Toba Ultra.

Lomba lari yang akan digelar pada 17 September 2016 di Kabupaten Samosir ini akan diikuti oleh 16 negara.

"Total jumlah peserta yang mengikuti Toba Internasional Detour Samosir Lake Toba Ultra 2016 sebanyak 1.050 orang dari 16 negara termasuk Indonesia," ujar Bupati Samosir Rapidin Simbolon di Medan, kemarin.

[LIHAT VIDEO: Ini Dahsyatnya Pemandangan Danau Toba dari Samosir]

Samosir Lake Toba Ultra 2016 memperlombakan empat katagori 50K, 20K, 10K dan 5K dengan masing-masing batas waktu 9 jam, 4,5 jam, 2, 5 jam dan 1,5 jam.

"Akan ada 20 pemenang yang ditetapkan dengan total hadiah Rp 125 juta,” kata Rapidin yang didampingi Kadis Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Ombang Siboro.

Lomba marathon yang merupakan agenda tahunan Pemkab Samosir digelar oleh Running Eksplorer bekerja sama dengan HB Toba International Detour. Kegiatan ini diharapkan semakin mengenalkan Samosir dengan keindahan Danau Toba.

Lomba Samosir Ultra Marathon 2015/samosirultramarathon.com

Dengan semakin dikenal, maka diharapkan kunjungan wisatawan khususnya mancanegara semakin banyak ke Samosir.

"Samosir berharap semakin bisa memberi kontribusi besar dalam kunjungan wisman ke Sumut dimana pada 2019, jumlah kunjungan bisa mencapai satu juta orang sejalan dengan pengembangan objek wisata Danau Toba," katanya.

(BACA: Akhirnya, Presiden Indonesia Injakkan Kaki di Samosir)

Pemkab Samosir sendiri sangat menyadari bahwa besarnya arti pariwisata bagi pembangunan daerah.

Dia mengakui, kegiatan itu didukung banyak pihak mengingat dana APBD Pemkab Samosir terbatas.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Samosir, Ombang SIboro, mengatakan, Samosir yang berada di tengah Danau Toba merupakan keunikan tersendiri yang berpotensi menarik wisatawan.

Lomba marathon Samosir itu sendiri akan menarik bagi peserta karena di titik tertentu peserta akan dihibur dengan hiburan seperti tarian daerah.

Selain bisa menikmati pemandangan indah, peserta akan mendapat hiburan khas daerah.