Libur Panjang, Hunian Hotel di Berastagi & Parapat Melonjak 100%

Jordan Silaban | Kamis, 05 Mei 2016 02:05:10

Danau Toba/maritim.go.id
Danau Toba/maritim.go.id

Libur panjang pada akhir pekan ini membawa dampak baik bagi industri wisata di Sumatera Utara. Hal ini dapat dilihat dari tingkat hunian hotel berbintang di Danau Toba, Parapat dan Berastagi, Karo yang meningkat 100 persen menjelang libur panjang 5-8 Mei.

"Laporan anggota PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Sumut, hotel di daerah tujuan wisata seperti Parapat dan Berastagi yang mengalami lonjakan besar," kata Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana di Medan, Rabu (5/5).

Sementara itu, pesanan hotel di Kota Medan tidak terlalu mengalami kenaikan signifikan. Menurut dia, di Berastagi dan Parapat, pesanan hotel untuk Kamis, 5 Mei hingga Sabtu, 7 Mei 2016 sudah hampir 100 persen.

Sementara di hotel Medan sekitar 60-65 persen. "Libur Kenaikan Isa Al Masih dan Isra Miraj (Kamis dan Jumat) disusul Sabtu dan Minggu, 8 Mei, membantu mendorong kenaikan tingkat hunian hotel berbintang di Sumut pada 2016," katanya.

Lebih jauh, Deny menjelaskan, tingkat hunian hotel berbintang di Sumut hingga triwulan I 2016 semakin membaik dari periode sama tahun lalu, yakni naik sekitar 10 persen.

Pada triwulan I 2016, hunian hotel rata-rata mencapai 65-75 persen. "Seperti diperkirakan sejak awal, hunian hotel akan terus membaik hingga akhir tahun 2016," ujar Denny yang merupakan Presiden Manager Hotel Garuda Plaza Medan.

Menutrut dia, peningkatan tamu hotel itu dipicu naiknya pesanan dari perusahaan swasta dan tamu pribadi. Banyak perusahaan lokal dan luar daerah yang melakukan rapat atau pertemuan di hotel di Medan dan sekitarnya.

Sales Manager Inna Hotel Parapat, Syahrial Azhar, mengaku, pesanan kamar di hotel itu sudah "full" untuk tanggal 4 hingga 7 Mei 2016. "Pesanan hotel sudah ada sejak pekan lalu," katanya.

Menurut dia, pesanan hotel di Parapat selalu penuh saat libur panjang maupun libur hari besar keagamaaan seperti Idul Fitri, Natal/Tahun Baru dan Imlek.

BACA JUGA
  • DANAU TOBA Jokowi Perlebar Jalan Lingkar Samosir Hingga 14 Meter!

  • DANAU TOBA Pantai Pangkodian, Hamparan Pasir Putih Tersembunyi di Danau Toba

  • DANAU TOBA Hotel di Kawasan Otorita Danau Toba untuk Pasar Kelas Atas

  • DANAU TOBA Ditemukan di Palung Danau Toba, Enjelika Sudah Tak Bernyawa