Libatkan 1.400 Tentara, Film TB Silalahi Ini Tayang 15 Desember

Ester Napitupulu | Senin, 28 November 2016 09:11:24

Poster film 'I leave My Heart in Lebanon - Garuda 23’
Poster film 'I leave My Heart in Lebanon - Garuda 23’

Film 'I leave My Heart in Lebanon - Garuda 23’ yang ditulis dan diproduseri oleh TB Silalahi akan tayang perdana 15 Desember 2016 di bioskop-bioskop tanah air.  

Film ini merupakan karya kedua tokoh Batak sekaligus mantan menteri era Soeharto itu setelah 'Toba Dream’ yang dirilis tahun lalu.

Silalahi optimis film mengisahkan aksi heroik kontingen Garuda 23 yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon itu mendapat tempat di hati penonton Indonesia. 

Terlebih film ini dibintangi para aktor papan atas yakni Rio Dewanto, Yama Carlos, Deddy Mizwar, Revalina S Temat dan Boris ‘Bokir’ Thompson Manullang.

"Dengan menonton film ini, masyarakat Indonesia akan semakin menyadari kita punya Tentara Nasional yang berprestasi sejajar dengan bangsa bangsa lain di dunia,” Silalahi di Jakarta belum lama ini.

Adegan dalam film 'I leave My Heart in Lebanon - Garuda 23’

Silalahi bercerita ide produksi film yang melibatkan sutradara Benni Setiawan ini berawal dari perbincangannya dengan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Kepadanya, Gatot mengatakan ingin ada sebuah film mengangkat kisah pasukan TNI yang ikut serta aktif menjaga perdamaian dunia. 

"Ini juga sekaligus bentuk pertanggungjawaban TNI kepada seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Silalahi yang merupakan purnawirawan berpangkat terakhir letnan jenderal tersebut.

Syuting film ini dilakukan Juli-Agustus 2016 di Lebanon dan Indonesia. Dalam produksinya, film ini juga melibatkan sekitar 1.400 pasukan TNI.

Dalam film tersebut, Rio Dewanto dipilih memerankan Kapten Satria, Yama Carlos memerankan Lettu Arga dan Boris Bokir memerankan Serka Gulamo.

Bintang film terkenal Lebanon,  Jowy Khoury, juga ikut ambil bagian dengan berperan sebagai Raina.