KPK Tangkap Kadis Pendidikan Taput, Ratusan Juta Disita!

Coky Simanjuntak | Kamis, 22 Desember 2016 14:12:24

Kota Tarutung/batakgaul
Kota Tarutung/batakgaul

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tapanuli Utara (Taput), Sumut, Jamel Panjaitan, Rabu (21/12). Jamel diamankan bersama dua orang kepala sekolah.

"Betul, kemarin tim bersama KPK dan Polri melakukan OTT di rumah Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tapanuli Utara,” kata Febri saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (22/12).

Febri menjelaskan dalam OTT itu, petugas KPK dan Polri mengamankan barang bukti uang tunai Rp 235 juta, USD 100, dan 200 Yuan. 

Selain rumah Jamel di Ruko CV Nova, Jalan Sisingamangaraja, Kota Tarutung, petugas juga dikabarkan menggeledah kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput, Jalan Raja Johannes, Tarutung.

KPK belum merinci pelanggaran yang dilakukan Jamel. Namun, kata Febri, penanganan lebih lanjut dilakukan kepolisian. 

Mantan aktivis antikorupsi ini menyatakan penanganan kasus itu dilakukan Polda Sumut.

"KPK siap membantu sesama penegak hukum dalam melakukan pemberantasan korupsi. Konfirmasi proses penanganan lebih lanjut silakan ke pihak Polri ya," katanya.

Sementara pihak kepolisian dalam hal ini Polda Sumut belum memberi pejelasan kepada publik. Mereka justru mengarahkan wartawan melakukan konfirmasi ke KPK.

“Silakan langsung dengan tim dari KPK," sebut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting.