Kota Siborongborong akan 'Padam' 15 Menit pada Malam Natal

Coky Simanjuntak | Jumat, 09 Desember 2016 17:12:08

Ilustrasi Malam Natal/FB: Edward Tigor Siahaan
Ilustrasi Malam Natal/FB: Edward Tigor Siahaan

Kota Siborongborong akan padam dalam 15 menit pada malam Natal 24 Desember 2016 pukul 23.55 Wib. Pemadaman listrik ini sengaja dilakukan untuk membahanakan Kidung Natal di seluruh penjuru ibu kota Kabupaten Tapanuli Utara tersebut.

Ketua Panitia '15 Menit Kidung Natal', Edward Tigor Siahaan, menjelaskan kegiatan ini akan mengajak masyarakat untuk bersukacita bersama merayakan kelahiran Yesus Kristus di jalan-jalan Kota Siborongborong disertai penyalaan lilin atau obor dan menyanyikan lagu-lagu Natal. 

"Panitia bekerjasama dengan PLN melakukan pemadaman listrik dan pihak Kepolisian menghentikan atau mengalihkan kendaraan umum yang melintas di jalanan kota Siborongborong beberapa saat,” Edward yang juga Wakil Ketua Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) Perwakilan Taput seperti dikutip danautoba.org, Jumat (9/12).

"Tahun lalu acara dilaksanakan sekitar sepuluh menit, dan tahun ini dilakukan sekitar lima belas menit,” ujarnya.

(BACA: Presiden Jokowi akan Bagi-bagi Hadiah Natal di Doloksanggul)

Landmark Kota Siborongborong/batakgaul

Tigor melanjutkan, kegiatan ini selain untuk menyambut Natal, juga merupakan bagian dari Gerakan Cinta Danau Toba (GCDT) 2 yang dipusatkan di Silalahi, Paropo dan Tongging.

"Kegiatan ‘15 Menit Kidul Natal’ diselenggarakan kembali tahun ini, karena masyarakat sangat terkesan dengan acara serupa tahun 2015 dan berharap dapat diselenggarakan kembali setiap tahunnya," ujarnya. 

Selain kegiatan ’15 Menit Kidung Natal’, panitia juga akan melaksanakan kegiatan ‘Kontes Hias dan Lomba Kebersihan’ untuk wilayah Siborongborong. Pemenang kontes ini akan diumumkan pada saat puncak acara ’15 Menit Kidung Natal’.

(LIHAT VIDEO: Lagu-lagu Batak Warnai Perayaan Natal di Swiss)

Untuk mempersiapkan acara ini, Tigor sudah melakukan pertemuan dengan Bupati Taput, Nikson Nababan, Sihar Panjaitan dan Henry Lumbantoruan dari YPDT Taput, Bagian Humas dan Dinas Perhubungan Taput, Ikatan Anak Siborongborong (IAS), Grasi (Gerakan Anak Siborongborong), maupun Perwakilan Pemuda-pemudi Siborongborong.

Bupati Taput menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh YPDT Taput dan senantiasa mendukung setiap usaha yang dilakukan oleh warganya untuk memajukan kabupaten tersebut. 

Nikson juga berjanji akan hadir dalam acara tersebut dan mengajak seluruh masyarakat, tokoh, pihak sekolah, gereja maupun pihak lainnya. Nikson juga mendukung kegiatan Kontes Hias dan Lomba kebersihan serta akan menyediakan hadiah untuk para pemenang.