Kejuaraan 'Toba Audax 2016' Diikuti Pesepeda dari 14 Negara

Jordan Silaban | Rabu, 04 Mei 2016 22:05:36

Toba Audax 2016/indonesian.bike
Toba Audax 2016/indonesian.bike

Wisatawan yang menikmati libur panjang di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada 5-8 Mei kini tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Namun, juga pemandangan para pesepeda internasional yang berlomba menjelajah danau vulkanis terbesar di dunia itu.

Mereka berkompetisi dalam Toba Audax 2016, kejuaraan yang diikuti oleh ratusan peserta dari 14 negara.

Kejuaraan ini akan start di Tuktuk Siadong Samosir dan akan finish di Komplek Simalem Resort, Kabupaten Tanah Karo.

Pada hari pertama Toba Audax 2016 hari ini, Kamis (5/5), peserta disambut di sebuah hotel di kawasan Brastagi. Jarak yang akan ditempuh pada hari pertama adalah 88 kilometer dengan tanjakan sejauh 948 meter.

Setelah itu, peserta akan berpindah menuju Samosir untuk melanjutkan kompetisi di hari berikutnya mengelilingi pulau tersebut. Jarak yang akan mereka tempuh di Pulau Samosir adalah 102 kilometer dengan 1.472 meter tanjakan.

Pada hari ketiga, kompetisi dilanjutkan di Taman Simalem dengan jarak tempuh lomba 152 kilometer dan 2.680 meter tanjakan. Upacara penutupan Toba Audax 2016 akan dilaksanakan di Taman Simalem.

Dengan demikian, total jarak yang ditempuh dalam kejuaraan balap sepeda ini adalah 342 kilometer dan rintangan menanjak lebih dari 5.000 meter di area yang segera dijadikan ‘Monaco of Asia’.

Kejuaraan ini juga akan dimeriahkan dengan Festival Gondang Naposo. Tujuannya, agar semua peserta dapat juga menikmati alam dan suguhan seni budaya Samosir.

Komunitas Audax Internasional, yang berpusat di Paris, Prancis, memang dikenal sering menyelenggarakan kejuaraan balap sepeda jelajah.

Untuk Toa Audax 2016 ini ini diorganisir oleh Audax Indonesia, tim yang pernah sukses menggelar Lombox Audax.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kejuaraan internasional Toba Audax 2016.

"Selamat atas 'event' Toba Audax 2016, sukses selalu, dan bisa menghadirkan banyak wisatawan mancanegara," kata Menpar Arief Yahya dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Kejuaraan itu, kata Menpar, merupakan salah satu upaya juga untuk mempromosilan keindahan pariwisata di Indonesia, khususnya di Danau Toba.

 

BACA JUGA