Kantor Pusat HKBP Dibongkar Maling, Ratusan Juta Lenyap!

Jordan Silaban | Selasa, 02 Agustus 2016 09:08:11

Kantor HKBP Pusat, Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara/panoramio.com
Kantor HKBP Pusat, Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara/panoramio.com

Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Putri Lopian, Pearaja, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dimasuki pencuri, Senin (1/8) sekitar pukul 04.00 WIB. 

Ruang Ephorus HKBP Pdt Willem T.P Simarmata pun tidak luput dari sasaran pencuri. Total kerugian akibat peristiwa ini mencapai Rp 434 juta.

“Dari keterangan yang diperoleh dari pihak HKBP, jumlah uang yang digondol mencapai Rp 434 juta. Uang tersebut berasal dari ruang bendahara dan ruangan lainnya,” ujar Kapolres Tapanuli Utara AKBP Dudus HD melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing kepada wartawan.

(BACA: HKBP Organisasi Keagamaan Terbesar Ketiga di Indonesia)

Baringbing menjelaskan, polisi mengetahui kejadian tersebut setelah petugas keamanan Kantor Pusat HKBP datang ke Polres sekitar pukul 04.30 WIB. Kepada polisi, dia memberitahukan bahwa kantor organisasi keagamaan terbesar ketiga di Indonesia itu dibobol maling.

“Petugas keamanan kantor datang melaporkan. Saat itu juga tim gabungan yang terdiri dari Unit Reskrim, Identifikasi, Intel dan Sabhara turun ke lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP),” jelas Baringbing.

Ephorus HKBP Pdt. Willem Simarmata/hkbp.or.id

Selain ruangan Ephorus, dari hasil olah TKP, ditemukan ada beberapa ruangan lainnya yang dibongkar maling, seperti uang kerja Kepala Personalia, ruangan Kepala Departemen Diakonia, ruangan Biro Pensiunan dan ruangan Bendahara.

“Maling masuk melalui pintu samping sebelah kiri dengan cara merusak kunci menggunakan obeng,” jelas dia.

(BACA: Gereja Tertua Ini Jejak Pertama Orang Batak di Jakarta)

Saat olah TKP juga ditemukan barang bukti berupa 1 buah obeng dan uang sebesar Rp4 4 juta yang dibungkus di plastik warna hitam. Uang itu terletak di semak-semak di belakang kantor. 

Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku pencurian.