Jokowi Resmikan Bandara Silangit 28 Oktober, Ini Persiapannya

Alex Siagian | Rabu, 11 Oktober 2017 12:10:12

Finalisasi pembangunan Bandara Silangit/alex
Finalisasi pembangunan Bandara Silangit/alex

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bandara Silangit di Siborongborong, Tapanuli Utara, pada Sabtu, 28 Oktober mendatang. Pada hari peresmian itu juga akan ada penerbangan internasional komersil perdana dengan rute Silangit-Singapura.

Namun untuk penerbangan ini, menurut Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu, baru akan dilakukan dari Singapura ke Silangit dengan sistem carter. Penerbangan dengan sistem carter ini akan dilakukan tiga kali setiap minggunya.

“Tepat pada hari Sabtu 28 Oktober itu, pesawat akan terbang ke Singapura untuk menjemput wisatawan ke Silangit. Wisatawan tersebut kemudian akan kembali ke Singapura pada hari Selasa 31 Oktober. Di hari yang sama pesawat kemudian kembali akan membawa wisatawan dari Singapura. Para wisatawan itu kemudian akan kembali pada hari Kamis 2 November,” papar Hotasi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/10).

Landasan pacu Bandara Silangit/alex

Hotasi mengatakan, sistem carter tersebut akan diberlakukan hingga penerbangan itu reguler, yang rencananya akan tuntas pada Januari tahun depan. Jika penerbangan itu telah reguler, nantinya penerbangan dari Silangit-Singapura akan dapat dikomersilkan untuk umum.

"Jadi nanti sistemnya seperti itu, makanya yang menjual tiket hanya di Singapura, kalau di sini tidak ada. Nanti hanya wisatawan yang dibawa dari Singapura itu yang dibawa kembali dari sini hingga penerbangan itu reguler," ujar Hotasi, Selasa (10/10) saat ditemui di ruang kerjanya.

Ditanya soal persiapan pihak Angkasa Pura II untuk pelaksanaan peresmian, Hotasi mengaku telah selesai 98%. Persiapan fisik bangunan seperti terminal keberangkatan dan kedatangan manca negara telah selesai, termasuk fasilitas VOA (Visa On Arrival), Kesehatan Pelabuhan yang berfungsi untuk mendeteksi penyakit atau wabah berbahaya yang bersifat menular, Imigrasi, Bea Cukai dan Rehabilitasi telah disiapkan diterminal kedatangan mancanegara.

Tak hanya itu, lapangan parkir yang sebelumnya terlihat berlantai batu pengerasan juga telah diaspal.

"Dari segi persiapan kita sudah sangat siap, nantinya H-4 kita pastikan sudah siap 100%" ujar Hotasi mengakhiri.