Ini Profil Letda Poltak Siahaan dan Senjata Andalannya

Coky Simanjuntak | Sabtu, 28 Mei 2016 11:05:28

Letda Inf Poltak Siahaan berlari memanggul senjata/Facebook AASAM 2016
Letda Inf Poltak Siahaan berlari memanggul senjata/Facebook AASAM 2016

Letda (Inf) Poltak Siahaan sungguh membuat halak hita bangga. Sebab, dia menjadi peraih medali terbanyak di lomba menembak Australian Army Skill and Arms Meeting (AASAM) 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Tulang Poltak berhasil menyumbang 6 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu bagi kontingen petembak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), yang menjadi juara umum AASAM untuk kesembilan kali berturut-turut.

Poltak masuk TNI tahun 1995 dan bergabung dengan Kodam II Palembang Sumatra Selatan. Kecemerlangan Poltak di dunia militer sudah tampak saat menjadi lulusan terbaik pendidikan Bintara di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Jaya pada 2011. 

Tak cukup sampai di situ, prestasinya berlanjut saat melanjutkan pendidikan di Secapa Bandung pada 2013. Dia kembali menyelesaikan pendidikannya dengan predikat lulusan terbaik.  

(LIHAT: Foto-foto Letda Poltak Siahaan Juara Lomba Menembak di Australia)

Dari prestasi yang dicapai, tampak betul ketekunan, kerja keras dan konsistensi menjadi hal yang melekat pada Anak Medan kelahiran 5 April 1974 ini.

Kini Letda Poltak bertugas di Detasemen Markas (Denma) Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad TNI AD. Sebelum bergabung dengan Divif 2, dia lama berkarier di Batalyon 328.

Senapan Serbu SS2-V4

Meski prestasi menembak tergantung the man behind the gun (orang di belakang senjata), tidak ada salahnya membahas senjata andalan Letda Poltak.

Oleh PT Pindad, produsen senjata milik negara, Tulang Poltak dan kontingen TNI AD di AASAM 2016 dibekali senapan SS2-V4 dan senjata genggam atau pistol tipe G2 Combat. 

SS2-V4 adalah versi ketiga dari  Senapan Serbu (SS2) buatan PT Pindad yang merupakan generasi kedua dari senapan serbu Pindad sebelumnya, SS1. 

SS2-V4/pindad.com

SS2 diklaim memiliki desain yang lebih ergonomis, tahan terhadap kelembaban tinggi, lebih ringan, serta akurasi yang lebih baik. 

Senapan ini menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan memiliki berat kosong 3,2 kg.

Selain SS2-V4, Senapan Serbu generasi kedua ini tersedia dalam dua versi dasar lainnya, yakni rifle SS2-V1 dan carbine SS2-V2.

Pistol G2 Combat

Selain SS2-V4, Letda Poltak dan kontingen TNI AD juga dibekali Pindad pistol G2 Combat, yang merupakan tipe kedua dari G2, setelah G2 Elite.

G2-Combat/pindad.com

G2 Elite dan G2 Combat sama-sama berkaliber 9x19 mm dan dapat menyasar target dengan optimal pada jarak 25 meter.

SPONSORED
loading...