HUT ke-80 Ompung Sabam Sirait Dirayakan dengan Adat Batak

Laurencius Simanjuntak | Sabtu, 15 Oktober 2016 20:10:17

Sabam Sirait dan istrinya, Ny Sondang br Sidabutar/batakgaul
Sabam Sirait dan istrinya, Ny Sondang br Sidabutar/batakgaul

Sesepuh sekaligus pendiri PDI Perjuangan, Sabam Sirait, genap berusia 80 tahun pada 13 Oktober 2016. Perayaan HUT ke-80 peraih Bintang Mahaputra Utara ini pun dilakukan dengan acara adat Batak di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (15/10).

Diawali dengan kebaktian, acara adat dilakukan dengan sederhana namun tidak mengurangi esensi Dalihan Na Tolu. 

Pada acara yang dihadiri seribu tamu Batak dan juga nasional itu, disampaikan ulos dari hula-hula kepada Sabam sambil manortor. Selain itu, anak cucu juga memberikan tudu-tudu sipanganon berupa daging sapi lengkap kepada ayahanda tercinta.

Putra sulung Sabam, Maruarar Sirait, mengatakan bapaknya sudah sering mengalami operasi untuk mengobati penyakit lever-nya. Namun, Sabam selalu tenang setiap kali harus menjalani operasi.

“Justru kita yang takut papa tidak kembali setelah operasi,” kata Ara, sapaan akrab anggota DPR ini.

(BACA: Ahok Sudah Diulosi oleh Dua Keluarga Batak Ini)

Keluaga Besar Sabam Sirait/batakgaul

Ara belakangan baru tahu bahwa ketenangan ayahnya itu karena dia yakin masuk surga. Iman yang dimiliki Sabam inilah yang kemudian dicontoh anak cucunya.

“Pak Sabam tidak mewarisi uang dan harta, tapi mewarisi nama baik kepada anak cucunya,” kata Ara yang disambut tepuk tangan para hadirin.

(BACA: Bela Ahok, Megawati Sebut Orang Batak Juga Bersuara Keras)

Sabam mengatakan, tidak menyangka bisa sampai di usia 80 tahun. “Ini semua karena kasih karunia Tuhan,” kata Ompung yang memiliki tujuh cucu ini.

Sejumlah tokoh nasional yang hadir dalam acara ini antara lain Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Mendag Enggartiasto Lukita, Menkum HAM Yasonna Laoly, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi, Wakapolri Komjen Syafruddin, manta Ketua DPR Akbar Tandjung, Bos Lippo Group James Riady dan Bos CT Corp, Chairul Tandjung.

Sementara tokoh dan artis Batak yang hadir antara lain Lea dan Sophie Simanjuntak, Nico Siahaan, Ruhut Sitompul, Togar Sianipar, Otto Hasibuan dan Juniver Girsang.