Humbang Hasundutan Tuan Rumah Natal Nasional 2016, Jokowi Hadir!

Jordan Silaban | Senin, 12 September 2016 06:09:47

Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul
Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul

Perayaan Natal Nasional 2016 diputuskan digelar di Bona Pasogit. Kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam perayaan yang dipusatkan di Doloksanggul, 27 Desember 2016 itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir. Ini akan menjadi kunjungan ketiga Jokowi ke Bona Pasogit, selama dua tahun menjabat presiden.

Kepastian penyelenggaraan Natal di Doloksanggul ini dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 498 tahun 2016 tanggal 31 Agustus 2016. 

(BACA: Gereja Tertua Ini Jejak Pertama Orang Batak di Jakarta)

Dalam SK ini, Menteri Agama menunjuk Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita selaku ketua umum panitia Natal Nasional dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dumoly Freddy Pardede sebagai ketua pelaksana. 

Untuk mempersiapkan perayaan Natal Nasional 2016 ini, Enggartiasto juga sudah mengunjungi Doloksanggul, dan bertemu dengan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor.

Enggartiasto Lukita ditemani Bupati Dosmar/humbahaskab

Ditemani Dosmar, politikus Nasdem itu kemudian berkeliling d area perkantoran Bupati, Bukit Inspirasi Doloksanggul dan tanah lapang Sirisi-risi Doloksanggul. Disinilah rencananya perayaan Natal Nasional akan digelar.

Susunan Panitia Natal

Selain Enggartiasto Lukita sebagai ketua umum dan Dumoly Freddy Pardede sebagai ketua pelaksana, nama-nama lain juga mengisi susunan kepanitian Natal Nasional 2016.

(BACA: HKBP Organisasi Keagamaan Terbesar Ketiga di Indonesia)

Sebut saja Wali Kota Siantar Marim Purba, Baginda Lumbangaol, Alfonso Napitupulu, Deputi Menkopolhukam Jhony Ginting dan Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie yang duduk sebagai wakil ketua pelaksana.

Kantor Bupati Humbahas, rencana lokasi Natal Nasional 2016

Adapun Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menhukham Yasonna Laoly,  Menteri Peranan Wanita Yahana Susanna Yembise, Wakil Ketua KPK Saut situmorang dan Basaria Panjaitan serta Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi bertindak selaku penasihat panitia.

Nama nama lain yang duduk dikepanitiaan adalah Mangatas Panjaitan dan Coki Siahaan (Sekretaris), Suwandi Wiratno (Bendahara), Pemred SIB Immanuel GM. Panggabean (koordinator media) dan RE. Nainggolan sebagai koordinator pendukung acara.