Hotman Paris Hutapea: Perampokan Pulomas Bukan Sifat Orang Batak!

Coky Simanjuntak | Selasa, 03 Januari 2017 21:01:21

Hotman Paris Hutapea/FB
Hotman Paris Hutapea/FB

Perampokan sadis di Pulomas, Jakarta Timur, belakangan ini sedikit banyak telah mencoreng nama baik orang Batak. Sebab, pelaku dalam tindak kejahatan yang menewaskan 6 orang itu kebetulan semuanya halak hita.

Namun demikian, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, meminta masyarakat Indonesia tidak menempelkan cap negatif kepada etnis Batak. Dia justru menegaskan perilaku para pelaku tersebut tak mencerminkan sikap orang Batak.

"Kepada masyarakat Indonesia, saya yakin bahwa perbuatan tersebut bukanlah sifat perilaku orang Batak, akan tetapi perilaku oknum pribadi yang juga kelakuan yang sama bisa terjadi di oknum-oknum pribadi di suku lainnya,” ujar Hotman lewat siaran pers, Rabu (3/1).

(BACA: 5 Alasan Kenapa Kalian Harus Bangga Jadi Orang Batak)

Oleh karenanya, Hotman mengecam perbuatan keji para pelaku tersebut. "Saya selaku orang Batak mengutuk kejam perbuatan orang-orang oknum perampokan Pulomas yang kebetulan semua orang Batak," kata Hotman.

Pria kelahiran Laguboti ini juga mengimbau kepada teman satu suku, oknum Batak yang masih aktif di bidang kejahatan perampokan, agar menghentikan perbuatan tersebut. 

"Hindari timah panas di kepalamu hanya demi mencari makan, sebab Tuhan Maha Pengasih memberi kesempatan luas untuk mencari sepiring nasi dan lauk-pauknya," imbuh Hotman.

(BACA: JK: Orang Batak Tak Hanya Omong Keras Tapi Juga Pekerja Keras!)

"Percayalah sebanyak apa pun harta kita pada akhirnya yang kita makan tiap hari hanya sepiring nasi dan lauk-pauk yang biasa cocok dirasa di mulut orang Indonesia. Sisa harta kita tidak akan dibawa ke liang kubur. Salam orang Batak," ujarnya.

Seperti diketahui, polisi telah menangkap empat tersangka perampokan di Pulomas yang kebetulan semuanya orang Batak. Mereka yakni Ramlan Butarbutar (pemimpin perampokan, tewas ditembak polisi), Erwin Situmorang, Ius Pane alias Ridwan Sitorus dan Alfin Sinaga.