Hore! Air Minum Kemasan dari 'Mual' di Tarutung Diluncurkan

Coky Simanjuntak | Sabtu, 07 Januari 2017 17:01:02

Pro Tio/FB
Pro Tio/FB

Produk air minum kemasan yang berasal dari sumber mata air (mual) Ugan di Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), akhirnya diluncurkan ke pasar.

Peluncuran ‘Pro Tio’, merk air minum tersebut, dilakukan langsung oleh Bupati Taput Nikson Nababan di Dusun Maria, Desa Parbubu Dolok, Kecamatan Tarutung, Jumat (6/1). 

'Pro Tio' diproduksi dalam sejumlah kemasan, yakni cup 220 ml, botol 330 ml, botol 600 ml, serta galon isi 19 liter.

(BACA: Cerita Keramat 'Mual Sirambe' dan Ikan Batak yang Pantang Diambil)

Nikson mengatakan, target awal pemasaran produk saat ini masih untuk kalangan internal yang terbatas di wilayah Taput.

“Nanti, setelah seluruh izin yang diperlukan sudah lengkap, hasil produksi akan menjangkau pasaran Tapanuli Raya melalui kerjasama antar kabupaten dan sebagainya,” ujarnya.

'Pro Tio' diproduksi oleh  PT Mual Tio Maju Bersama yang 51 persen sahamnya dimiliki oleh Pemkab Taput, dan sisanya dijual ke masyarakat umum.

(BACA: Pemandian Air Soda Tarutung Satu-satunya di Dunia)

Dirut PDAM Mual Natio Tarutung Lamtagon Manalu mengatakan, perseroan akan memproduksi 1 meter kubik air minum setiap jam dalam sehari, dengan waktu produksi 8 jam per 1 hari. 

“Bila dicontohkan dalam kemasan cup atau gelas, Pro Tio akan diproduksi sebanyak 757 kardus isi 48 buah cup (per hari),” terangnya.

Selain Nikson, hadir dalam acara peluncuran tersebut yakni, Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea, Iskandar Sitompul, Sekdakab Eduward Tampubolon dan Pdt Erhan Nababan.