Hebat! Si Butet Akhirnya Raih Medali Emas Olimpiade Rio 2016

Coky Simanjuntak | Kamis, 18 Agustus 2016 10:08:11

Owi dan Butet raih medali emas Olimpiade Rio 2016/AP
Owi dan Butet raih medali emas Olimpiade Rio 2016/AP

Setelah delapan tahun, Indonesia akhirnya kembali meraih medali emas di ajang Olimpiade. Pada Olimpiade Rio 2016 kali ini, emas dipersembahkan oleh ganda campuran tim bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, tepat pada HUT Kemerdekaan RI ke-71, Rabu (17/8). 

Pada babak final di Riocentro Pavilion 4, Owi dan Butet, sapaan akrab keduanya, mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan dua set langsung 21-14 dan 21-12.

Butet memang panggilan sehari-hari Liliyana, walaupun perempuan kelahiran Manado ini bukanlah orang Batak. Lalu kenapa Liliyana dipanggil Butet?

Liliyana 'Butet' Natsir/Twitter

Dalam sebuah acara bincang-bincang di televisi, Liliyana sempat menjelaskan alasan kenapa dia dipanggil Butet hingga sekarang.

“Jadi dulu waktu pertama kali saya masuk klub, ada teman saya ngajak kenalan dan dia nanya 'namanya siapa’ terus saya bilang Lilyana,” katanya.

(BACA: Sssttt....! Ada Pemuda Batak di Tim Thomas Cup Indonesia 2016)

Bagi temannya itu nama Liliyana terlalu panjang dan sulit diucapkan. “Mendingan mulai sekarang gue manggil lo Butet aja yah karena di Medan Butet itu nama panggilan sayang,” kata Liliyana menirukan ucapan temannya. 

"Karena saya bungsu, jadi saya mau. Yaudah semenjak itu teman-teman memanggil nama saya dengan sebutan Butet,” ujar Liliyana yang justru senang dipanggil Butet.

Hmmm.. Kalau begitu kami juga sayang kalian Butet dan Owi yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Horas Butet! :D