Hadiri Jubileum ke-90, Luhut Pandjaitan Minta HKI Tetap Kompak

Coky Simanjuntak | Minggu, 09 Juli 2017 12:07:11

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan istri bersama pimpinan HKI/Foto: HKI Pusat
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan istri bersama pimpinan HKI/Foto: HKI Pusat

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan istrinya, Devi Simatupang, menghadiri Jubileum ke -90 Huria Kristen Indonesia (HKI) di Kantor Pusat HKI Pemantangsiantar, Sumut, Sabtu (8/7) malam.

Berada di tengah-tengah ribuan jemaat HKI, Luhut mengaku bahagia. Dia juga berpesan agar pimpinan gereja Batak tersebut tetap menjaga kekompakan dengan tidak melupakan perjuangan-perjuangan pendirinya.

“Saya senang dan bangga di HKI karena Sutan Maloe bisa mendirikan HKI. Oleh karena saya sampaikan kepada Ephorus agar gereja ini menghindari pengelompokan-pengelompokan,” pesan Luhut, yang kedatangannya disambut tortor Somba-somba ini.

"Saya bukan seorang pendeta tetapi saya sangat menghormati pendeta. Dengan HKI yang kompak ini saya titipkan kepada ephorus untuk tetap menjagannya,” pesan Luhut lagi.

Pria kelahiaran Huta Namora, Silaen, Tobasa ini juga tidak lupa mengingatkan, agar pucuk pimpinan HKI melaksanakan tugas gereja, yakni mengingatkan jemaat bekerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong pendidikan.

“Pemerintah punya Rp 30 triliun hanya untuk pendidikan, dan itu akan terus meningkat. Sekarang tugas kita adalah mampu tidak kita melihat bibit-bibit intelektual di gereja,” kata Luhut.

Dengan sekitar 310.000 jemaat, Luhut meminta HKI menjadi jemaat yang berdoa, saling membantu dan saling bekerja keras.

"HKI buatlah sebagai model yang bagus bagi gereja-gereja lain,” terangnya.

Mantan Menko Polhukam ini juga meminta HKI mengeban tugas untuk menuntaskan kemiskinan. HKI, pinta Luhut, janganlah meniru cara-cara gereja masa kini dengan penekanan-penekanan kerohanian yang menurun.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan sejarah HKI atau HCh B dari tahun 1927 hingga 2017 oleh Sekjen HKI, Pdt. Batara Sihombing.

Bagaimana sejarahnya?