Ganggu Wisatawan, Tronton Diminta Tak Lewat Jalan Parapat Lagi

Coky Simanjuntak | Senin, 19 Desember 2016 17:12:49

Pantai Bebas, Parapat/batakgaul
Pantai Bebas, Parapat/batakgaul

Wisatawan berharap pemerintah membebaskan jalan raya Kota Parapat dari truk tronton supaya perjalanan ke Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, lebih nyaman.

"Sangat mengganggu kenyaman berkendara," ujar Roni Irwanto (47) di kawasan Pantai Bebas, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, seperti dikutip Antara, Senin (19/12)

Warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, itu menyampaikan kekesalan saat dalam perjalanan menuju Parapat bertemu dengan truk tronton.

Tronton berjalan lambat di ruas jalan relatif sempit di wilayah pegunungan dan berjurang sehingga menghambat pengendara lain.

"Terutama setelah melintas di persimpangan Simpang Aek Nauli, kita tidak bisa apa-apa selain mengikut dari belakang dan menunggu momen yang aman untuk mendahului tronton tersebut," kata Roni.

Ramlan Siregar (42), warga Kota Medan, mengaku kelelahan dalam perjalanan, terutama puluhan kilometer menjelang Kota Parapat.

Parapat/batakgaul

Dia mengatakan, lambatnya perjalanan akibat kendaraan besar berdampak pada psikologis diri, sehingga tidak lagi merasakan kenyamanan berkendara dan perasaan tidak nyaman itu terbawa sampai lokasi wisata.

"Sebaiknya pemerintah membuat jalan alternatif khusus untuk kendaraan besar," usul Ramlan.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun, Dadang Pramono mengatakan, akses jalan dan fasilitas pendukung ke kawasan wisata seharusnya bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Politikus Partai Demokrat itu sependapat bahwa Parapat perl dibebaskan dari kendaraan berbadan besar, dan jalan alternatif Simpang Palang kawasan Nagori (Desa) Pondok Bulu-Simpang Sitahoan Nagori Sipangan Bolon, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon bisa diberdayakan.

"Muatan truk juga harus diperhatikan. Kendaraan bermuatan berlebihan harus dengan tegas tidak dibolehkan melintas supaya jalan tidak rusak," kata Dadang.

SPONSORED
loading...