Festival Sianjur Mula Mula Bersamaan dengan Festival Danau Toba

Lauren | Jumat, 09 September 2016 07:09:34

Festival Sianjur Mula-mula/FB
Festival Sianjur Mula-mula/FB

Bona Pasogit sedang sibuk-sibuknya. Selain Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang digelar di Kota Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, ternyata di Samosir juga akan digelar Festival Sianjur Mula-mula.

Kalau  FDT 2016 digelar pada 9-12 September 2016, Festival Sianjur Mula-mula dihelat 10-12 September 2016. Ya, waktu kedua festival di Tano Batak ini digelar bersamaan!

Festival Sianjur Mula-mula baru dibuka Sabtu (10/9) besok, sehari setelah FDT 2016 dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya hari ini Jumat (9/9). Kedua festival ini sama-sama berakhir pada Senin (12/9).

(BACA: Ini Rangkaian Acara dan Lomba Festival Sianjur Mula-mula)

Lalu kenapa dua festival ini bisa digelar bersamaan?

Penelusuran batakgaul.com, Festival Si Anjur Mula-mula digelar murni oleh ormas dan LSM, yakni Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN), Ruma Parguruan (Rumah belajar) Toba Samosir, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) serta Rumah Belajar Sianjur Mula-mula. Tidak ada unsur pemerintah dalam penyelenggaraannya. 

Sementara FDT 2016 adalah hajatan resmi pemerintah setiap tahun, yang didanai patungan oleh Kementerian Pariwisata, Pemprov Sumut dan Pemkab yang untuk tahun ini adalah Tapanuli Utara.

So, jadi wajar jika kedua festival ini berjalan masing-masing. Namun, apapun yang terjadi, semoga semuanya bisa membawa kemajuan bagi Tano Batak.

Horas! Mejuah-juah! Njuah-njuah!