Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing: HKBP Tolak Intervensi Pemerintah

Laurencius Simanjuntak | Senin, 19 September 2016 12:09:36

Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing/batakgaul
Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing/batakgaul

Pdt Darwin Lumbantobing akhirnya dilantik menjadi Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) periode 2016-2020. 

Dalam khotbah sekaligus pidato pertamanya di Gereja HKBP Pearaja, Tarutung, Darwin dengan tegas menyatakan menolak intervensi pihak luar terhadap organisasi yang sekarang dipimpinya itu.

“HKBP menolak intervensi pemerintah, partai politik maupun para bupati/walikota pada Sinode Godang untuk pemilihan pimpinan HKBP. Sinode Godang HKBP bukan arena demokrasi, maka jangan ada dipengaruhi oleh birokrasi. Harus kita tolak itu,” kata Darwin.

(BACA: Effendi Simbolon: Au Politisi, Satonga Jolma, Satonga Begu)

Hal itu ditegaskan Darwin di hadapan ribuan jemaat dan sejumlah pejabat negara seperti, Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan anggota DPR Effendi Simbolon di Gereja HKBP Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara, Minggu (19/9).

"Kembalilah ke jalan yang benar. Maka, saya mengajak semua elemen untuk memajukan HKBP sebagai garam dan berkat ke dunia,” ujar Ephorus.

Sesaat setelah terpilih menjadi ephorus, Darwin mengakui merasakan intervensi tersebut selama pelaksanaan Sinode Godang HKBP ke-63. 

“Ada orang yang bukan anggota Sinode Godang tapi mau mengurusi dan mengarahkan Sinode Godang. Itu kita rasakan,” tegasnya.

(BACA: Ucapan ‘Politisi Setengah Setan’ Effendi Simbolon Dinilai Sesat)

Selain intervensi, kata Darwin,  HKBP juga menolak ketidakadilan dan ketidakjujuran. 

“Karenanya, marilah kita mendoakan agar pimpinan yang baru mendapat hikmat dan kekuatan dari Tuhan,” ujarnya.