Dukung Ahok, Ruhut Sitompul Akhirnya Dipecat Demokrat

Ester Napitupulu | Jumat, 28 Oktober 2016 12:10:52

Ruhut Sitompul/blogspot
Ruhut Sitompul/blogspot

Politikus Partai Demokrat asal Sumut, Ruhut Sitompul, akhirnya dipecat. Ini lantaran dia mendukung Ahok-Djarot dalam Pilgub DKI 2017, bukannya mendukung Agus-Sylvi yang diusung Partai Demokrat.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Demokrat, Denny Kailimang mengatakan, kasus Ruhut telah disidangkan empat kali.

Keputusan pemecatan ini diambil dalam sidang Wanhor Demokrat pada 24 Oktober 2016.

"Sudah keluar keputusan dari Dewan Kehormatan. Itu pemecatan (Ruhut) dari keanggotaan Partai Demokrat,” kata Denny saat dihubungi wartawan, kemarin.

Denny menjelaskan, Ruhut dianggap melanggar kode etik yang diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai serta Pakta Integritas.

Denny mengatakan, keputusan Wanhor itu akan ditindaklanjuti oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai. Dia  memastikan keputusan Wanhor tak akan berubah di tingkat DPP.

"Itu tinggal pelaksanaannya aja. Sesuai dengann AD/ART," ucap Denny.

Sementara itu, Ruhut membantah dirinya dipecat. Menurutnya, pihak-pihak yang menyebutkan dirinya dipecat cuma mau mencari ketenaran.

"Yang bisa mecat siapa? Ketua umum. Ini kan orang-orang yang ngomong kan yang nyari beken,” ujarnya. 

"Wartawan juga jeli dong. Siapa yang bisa mecat? Ada enggak suratnya? Kan enggak ada,” ucapnya lagi.

Pada 5 Oktober lalu, Ruhut yang dimasukkan dalam tim pemenangan Ahok-Djarot, menyatakan akan mundur dari DPR demi total memenangkan pasangan itu.

"Mereka (tim pemenangan) sudah jadwalkan aku banyak. Kalau perlu nginap di rumah penduduk DKI ini untuk meyakinkan mereka kenapa (harus memilih) Ahok," tutur Ruhut kala itu.