Diundang Jokowi, Pdt Hutabarat & Gomar Gultom Bertemu Raja Salman

Coky Simanjuntak | Sabtu, 04 Maret 2017 10:03:35

Raja Salman dan Presiden Jokowi bertemu tokoh lintas agama/Biro Pers Istana
Raja Salman dan Presiden Jokowi bertemu tokoh lintas agama/Biro Pers Istana

Sejumlah tokoh lintas agama bertemu dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud di Hotel Raffles, tempat pemimpin negara Islam itu menginap, Jumat (3/3). Pertemuan ini atas undang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sejumlah tokoh dari 6 agama hadir, termasuk Pdt Henriette T Hutabarat dan  Pdt Gomar Gultom. Dua pendeta Batak ini masing-masing adalah Ketua Umum dan Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

(BACA: Berhijab, Boru Aritonang Ini Jadi Panitia Natal di Medan)

Dikutip dari siaran pers Biro Pers Istana, Jokowi memperkenalkan secara singkat para tokoh lintas agama yang hadir dalam pertemuan tersebut.

"Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, hadir dalam pertemuan kali ini wakil dari agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu," kata Jokowi.

"Kehadiran beliau-beliau semuanya merupakan representasi perwakilan dari kemajemukan yang ada di Indonesia," ucapnya.

Jokowi menyampaikan, para tokoh lintas agama tersebut menjadi salah satu pilar dari terciptanya harmoni yang ada di Indonesia. Harmoni tersebut menjadi pondasi bagi persatuan dan kesatuan di Indonesia selama ini.

"Yang Mulia, para pemimpin agama ini merupakan teladan bagi umatnya dalam mengembangkan semangat toleransi dan sikap saling menghormati, yang sangat penting dalam hubungan antarumat beragama di Indonesia," ucap Jokowi.

(BACA: Pemuda Muslim Bantu Amankan Natal di Simalungun)

Jokowi mengatakan, sikap toleransi ini merupakan aset bangsa dan negara Indonesia yang sangat berharga dalam berkontribusi bagi perdamaian. “Utamanya perdamaian dunia," kata dia.

Siapa saja para tokoh dari 6 agama yang bertemu Raja Salman?