Ditemui Ephorus HKBP, Ketua MPR Cerita 'Honeymoon' di Danau Toba

Ester Napitupulu | Selasa, 07 Maret 2017 11:03:36

Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu Ephorus HKB Ompui Pdt. Darwin Lumbantobing/hkbp.or.id
Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu Ephorus HKB Ompui Pdt. Darwin Lumbantobing/hkbp.or.id

Ephorus HKBP Ompui Pdt. Darwin Lumbantobing bersama pimpinan gereja lainnya menemui Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan, di Gedung Parlemen, Senin (6/3). 

Dalam pertemuan penuh keakraban itu, Zulkifli banyak bercerita tentang kedekatannya dengan orang Batak. 

Pernah dalam suatu Pilkada, Zulkifli yang juga Ketua Umum PAN ini mengatakan, pihaknya mendukung calon kepala daerah yang merupakan orang Batak.

“Karena dia memang orang yang berkompeten,” kata Zulkifli seperti dikutip dari hkbp.or.id.

Dalam suasana yang penuh sukacita itu, Zulkifli juga bercerita kepada ephorus dan rombongan bahwa Tapanuli adalah tempat dia berbulan madu bersama istrinya pada 1987.

“(Menginap) di Hotel Pardede dan tiga malam berikutnya ke Berastagi,” kata Zulkifli mengingat suasana yang dingin dan sejuk di lokasi wisata itu. 

Setelah diawali dengan obrolan yang santai, Ephorus pun menyampaikan sejumlah poin yang menjadi perhatian HKBP, yakni soal pendirian gereja yang terkendala peraturan lokal, kelompok intoleran, dan kurangnya respons pimpinan daerah.

"Kepada Bapak Ketua MPR, kami mengharapkan bagaimana MPR juga mengambil peran aktif dalam membantu bertindak memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut,” kata Ephorus.

Merespons permintaan itu, Zulkifli menjelaskan, tugas MPR menjaga dan mengawal konstitusi. Namun, dia berharap semua pihak juga ikut berperan melakukan tugas bersama ini.

"Kalau hanya MPR saja maka tidak akan sukses atau tidak akan tercapai, perlu ada peran kita bersama,” ujarnya.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, Kadep Koinonia Pdt. Martongo Sitinjak, Kepala Departemen Marturia Pdt. Anna Vera Pangaribuan, Kepala Departemen Diakonia Pdt. Debora Purada Sinaga, dan juga empat Praeses HKBP.