Di Siantar, Wisatawan Bisa Lihat Harimau Putih Sangat Dekat!

Jordan Silaban | Selasa, 28 Juni 2016 17:06:08

Ilustrasi Harimau Putih/blogspot
Ilustrasi Harimau Putih/blogspot

Inovasi terus dilakukan Taman Hewan Pematang Siantar (THPS), Sumatera Utara. Demi menyambut libur Lebaran, kebun binatang tersebut membangun kandang harimau yang bagian depannya dipasangi kaca tebal transparan.

Dengan kaca transparan tersebut, wisatawan kini bisa melihat hewan liar itu dengan jarak sangat dekat.

"Kami baru selesai membangun kandang harimau yang bagian depannya terbuat dari kaca tebal," kata Pimpinan THPS, Rahmat Shah, di Pematangsiantar, seperti dikutip Antara, kemairn.

Bagian belakang dan dua sisi kandang berstandar internasional itu terbuat dari beton atau tembok yang dilengkapi dengan arus listrik, Tujuannya supaya hewan pemangsa itu tidak dapat kabur dari bagian atap yang terbuka.

Kandang yang diperuntukkan bagi sepasang Harimau Putih itu juga dilengkapi dengan taman dan kolam air, menyesuaikan habitat asli satwa hunian.

"Kandang ini dapat membuat masyarakat rileks untuk melihat hewan, dan hewan juga merasa seperti di tempatnya," kata Rahmat.

Direncanakan, semua kandang lama yang terbuat dari jerajak besi akan diganti dengan kaca supaya pengunjung dapat melihat satwa secara transparan.

THPS juga sedang membangun kandang burung berkonsep rubah besar, menambah fasilitas water bom untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung.

"Ini upaya THPS mendukung program Pemerintah dalam melestarikan satwa langka dan lingkungan," ujar Rahmat Shah.

Lokasi wisata satwa dan lembaga konservasi alam seluas 4,5 hektare tersebut kini dihuni ribuan hewan dari ratusan spesies atau jenis.