Bertemu Jokowi, Togu Simorangkir Bawa Ulos Putri Sisingamangaraja

Coky Simanjuntak | Selasa, 02 Mei 2017 18:05:00

Togu Simorangkir di Istana Negara/FB
Togu Simorangkir di Istana Negara/FB

Pendiri Yayasan Alusi Tao Toba, Togu Simorangkir, bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5). Bersama 37 orang pegiat literasi lainnya, Togu memenuhi undangan presiden dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh hari ini.

Datang ke Istana, Togu mengenakan batik gorga, beserta ulos yang selempangkan di bahu dan diikatkan di kepala.

"Ulos Ragihotang yang berusia lebih dari 100 tahun ini merupakan warisan Opungku, Purnama Rea Br. Sinambela, Putri Sisingamangaraja XII,” kata Togu tentang ulos di bahunya.

Kurang lebih selama dua jam Togu dan undangan lain bertemu Jokowi sambil makan siang. Kebetulan, sesuai posisi yang diatur pihak protokoler kepresidenan, Togu duduk berhadap-hadapan dengan sang presiden.

"Duduk berhadapan membuat saya memiliki banyak waktu berbicara dengan Pak Jokowi. Bercerita tentang Kapal Belajar Alusi TaoToba yang berkeliling di Danau Toba,” kata Togu lewat akun Facebook-nya.

Togu Simorangkir (kiri) ber-selfie ria bersama Mendikbud Muhadjir Effendy/FB

Bagi Togu, makan siang bersama Presiden sambil mengobrol tanpa jarak menjadi sebuah pengalaman yang yang tidak bisa dilupakan.

Terlebih, Jokowi yang didampingi Mentari Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menanggapi semua curhatan para pegiat literasi.

"Mulai dari kerterbatasan buku bacaan, mahalnya pengiriman buku ke pelosok negeri dan perijinan yang menjadi masalah di daerah,” ujar Togu.

Hal itu pun langsung direspons Jokowi dengan program pemberian 10.000 buku bacaan kepada pegiat literasi yang diundang ke Istana Negara.

"Dan akan memerintahkan Pos Indonesia mengirim buku ke pelosok nusantara secara gratis,” ujarnya.