Begini Kepanikan Warga Medan Ketika Diguncang Gempa 5,6 SR

Tuntun Siallagan | Senin, 16 Januari 2017 21:01:47

Kepanikan di RS Royal Prima, Medan/istimewa
Kepanikan di RS Royal Prima, Medan/istimewa

Gempa berkekuatan 5,6 skala richter baru saja mengguncang Provinsi, Sumatera Utara (Sumut), Senin (16/1). Meskipun pusat gempa berada di Deliserdang, guncangannya hampir terasa di seluruh wilayah di Sumut khususnya Kota Medan.

Pantauan batakgaul.com, warga yang merasakan guncangan tersebut langsung berhamburan keluar ruangan. Kepanikan yang hebat tampak terlihat terhadap warga yang berada di dalam ruangan gedung bertingkat.

Seperti yang terjadi di Rumah Sakit Royal Prima yang berada di Jalan Ayahanda, Medan. Saat merasakan guncangan akibat gempa, para keluarga pasien, perawat dan dokter langsung tampak panik. 

Bahkan tampak ada yang langsung mendorong pasien keluar gedung. "Gempa, gempa, ayo keluar ruangan," ujar salah satu dari mereka.

(BACA: Gempa 5,6 SR Goyang Sumut, Warga Medan Keluar Rumah)

Kerusakan akibat gempa di Focal Point Walk Medan/istimewa

Hingga saat ini, kondisi beberapa lokasi di Kota Medan sudah mulai kondusif. Warga dan juga pasien yang berada di rumah sakit juga sudah tampak masuk ke dalam ruangan.

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, pusat gempa tersebut berjarak sekitar 6 km dari Panatapan, Deliserdang. 

"Tidak berpotensi tsunami, jaraknya sekitar 6 Km dari Panatapan. Gempa ini merupakan gempa tektonik," ujarnya.

(BACA: Mahasiswa Polmed Gantung Diri Setelah Kirim SMS Bahasa Batak)

Sedangkan untuk kerusakan terjadi di sejumlah lokasi di Kota Medan. Seperti di Studio Focal Point yang berada di Jalan Ringroad/Gagak Hitam, Kecamatan Medan Sunggal. Bagian atas studio tampak rusak. Plafonnya jatuh.

"Sudah kita cek ke lokasi. Ada beberapa yang rusak, namu tidak ada korban di lokasi akibat gempa tersebut," ujar Kapolsek Sungga Kompol Daniel Marunduri ketika dikonfirmasi.