Basar Simanjuntak, Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba

Laurencius Simanjuntak | Rabu, 30 November 2016 15:11:24

Basar Simanjuntak/FB
Basar Simanjuntak/FB

Selain melantik Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BODT), Menteri Pariwisata Arief Yahya juga melantik empat direktur organisasi tersebut.

Satu dari empat direktur yang dilantik adalah Basar Simanjuntak, yang membidangi pemasaran pariwisata. Sementara 3 lainnya yakni, Faisal (Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik), M Rommy Fauzi (Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan) dan M Tata Ridwanullah (Direktur Destinasi Wisata). 

Bersama Kepala BODT, Arie Prasetyo, mereka dilantik oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Kemenpar, Jakarta, Rabu (30/11).

Nama Basar Simanjuntak sudah tidak asing bagi masyarakat Batak, khususnya di Kabupaten Toba Samosir. Dia pernah diusung sebagai bakal calon Bupati Tobasa pada 2005, namun pencalonannya tidak diloloskan KPUD setempat.

Pria kelahiran 6 Desember 1964 ini juga pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari PDIP di Pemilu 2014 untuk daerah pemilihan Jawa Barat III.

Basar meraih gelar insinyur dari ITB Bandung pada 1989 dan mendapat gelar master di bidang Teknik Industri dari University Of Pittburgh, AS.

Bapak tiga anak dan suami dari Nenty Juwita Variana ini juga pernah menjabat direktur utama PT Amsecon Berlian Sejahtera, perusahaan furnitur. Keluarga Basar kini tinggal di Kota Bogor.