Banjir Rob Terjang Ribuan Rumah di Medan

Jordan Silaban | Minggu, 05 Juni 2016 06:06:41

Ilustrasi banjir di Medan/analisadaily
Ilustrasi banjir di Medan/analisadaily

Banjir rob atau banjir laut pasang menerjang Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/6) sore. Akibatnya, ribuan rumah warga di 6 kelurahan di kota itu. 

Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam bencana ini.

"Banjir yang melanda Belawan itu, kedalamannya bervariasi ada yang 1 hingga 2 meter merendam pemukiman penduduk," ujar Pendi Pohan (54), salah seorang warga Kelurahan Belawan Bahari, seperti dikutip Antara.

Banjir laut pasang Belawan ini, menurut dia, baru pertama kali ini mencapai 2 meter, dan sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat Belawan yang tinggal di pinggiran laut.

"Pemkot Medan diharapkan dapat segera membeton dan meninggikan bangunan penahan ombak yang berada di wilayah Belawan," ujar Pendi.

Dia menjelaskan, banjir laut pasang itu tidak hanya merendam rumah warga, tetapi juga kantor pemerintahan seperti kantor Kelurahan dan Kecamatan.

Banjir yang "mengepung" rumah warga tersebut, terjadi secara tiba-tiba dan air laut dengan ombak yang cukup besar terus meluas hingga ke badan jalan protokol di Belawan. 

Sejumlah lokasi yang digenangi banjir itu, yakni ruko di kawasan Jalan Veteran Kelurahan Belawan I sedalam 1 meter dan airnya masuk ke dalam rumah-rumah warga yang selama ini dijadikan tempat usaha.

Kemudian, Jalan Sumatera, Jalan Simalungun direndam banjir pasang sedalam 1 meter, sehingga warga menjadi resah dan takut barang jualan mereka menjadi rusak.

"Air laut pasang juga merendam 6 Kelurahan yang ada di Belawan seperti Kelurahan Belawan I, Kelurahan Belawan II, Kelurahan Belawan Bahagia, Kelurahan Belawan Bahari, Kelurahan Belawan Sicanang dan Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan," kata Sekretaris DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut.

Pendi menambahkan, hanya jalan tol Belawan yang tidak terkena banjir laut pasang, sedangkan seluruh wilayah Belawan terendam air.

Bahkan, belum ada pejabat dari Pemkot Medan yang turun ke lokasi banjir di Belawan dan melihat warga yang terkurung air laut.

"Masyarakat yang berada di dalam rumah juga tidak bisa diungsikan dan kemana mereka dievakuasi, serta seluruh Belawan tergenang air laut pasang tersebut," kata tokoh nelayan Sumut itu.