Arie Prasetyo Dilantik Sebagai Kepala Badan Otorita Danau Toba

Laurencius Simanjuntak | Rabu, 30 November 2016 14:11:22

Arie Prasetyo/FB
Arie Prasetyo/FB

Pemerintah akhirnya menunjuk Arie Prasetyo sebagai Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BODT). 

Selama ini, pria 36 tahun tersebut merupakan 'person in charge’ yang ditunjuk Kementerian Pariwisata untuk mengurus Danau Toba dari 10 destinasi wisata unggulan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melantik Arie dan sejumlah pejabat BODT di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (24/11). 

Usai pelantikan, Arie mengatakan, pihaknya sedang menyusun masterplan untuk pembangunan kawasan wisata Danau Toba.

“Oktober kita sudah hire masterplanner dari Singapura untuk visioning,” kata Arie yang juga mantan anggota Tim Transisi Jokowi-JK bidang perumahan rakyat.

(BACA: Basar Simanjuntak, Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba)

Masterplan itu, kata Arie, termasuk memikirkan sistem penggunaan aset untuk kawasan wisata.

"Secara aset kita harus pikirkan pinjam pakai, serah kelola atau dilimpahkan ke badan otoritas. Tapi secara bisnis dan masterplan. Kan pengembangannya pun bertahap,” ujar Arie.

Arie merupakan sarajana arsitektur dari Institut Teknologi Bandung pada 2003. Dia kemudian meraih Master of Arts in Urban Design (MAUD) dari  National University of Singapore pada 2008.

(BACA: Komposisi Badan Otorita Danau Toba: 25% Profesional, 75% PNS)

Arie pernah mengeyam berbagai pengalaman kerja internasional, seperti DP Architect Singapore (2004), HOK Planning Group Asia/Pacific yang berbasis di Hong Kong (2015).

Dia juga pernah bekerja di PT Trans Kalimantan Economic Zone, perusahaan pengembang di Jakarta yang memulai proyek Special Economic Zone (SEZ-Industrial) di Kalimantan Timur.