Annisa Yudhoyono: Saya Mengangkat Budaya Batak di Amerika Serikat

Ester Napitupulu | Sabtu, 22 Oktober 2016 11:10:37

Annisa Yudhoyono Boru Pohan memakai pakaian adat Mandailing/ftleavenworthlamp.com.
Annisa Yudhoyono Boru Pohan memakai pakaian adat Mandailing/ftleavenworthlamp.com.

Meski mendapat sejumlah kritik terkait prosesi adat Batak yang dijalaninya belakangan ini, Annisa Yudhoyono Boru Pohan tetap santai. Dia tetap mem-posting hal-hal terkait adat batak di media sosial.

Terbaru, lewat akun Instagram @annisayudhoyono, istri Cagub DKI Agus Harimurti Yudhoyono ini mem-posting fotonya sedang mengenakan pakaian adat Batak Mandailing, lengkap dengan bulang (hiasan kepala).

"Kilas balik 2015, ketika saya mengangkat budaya Indonesia yang berasal dari Tanah Batak di Amerika Serikat diliput oleh media lokal,” tulis Annisa, belum lama ini.

Foto Annisa memakai bulang tersebut adalah karya Prudence Siebert yang dimuat media ftleavenworthlamp.com. 

IG @annisayudhoyono

Dalam keterangan foto itu tertulis: “Annisa Pohan dari Indonesia mengenakan sebuah hiasan kepala kepala dari lempengan emas bernama bulang Organization of International Spouses and Sponsors Parade of Nations pada 4 Mei di Lewis and Clark Centre.”

Di tengah pencalonan suaminya sebagai Gubernur DKI 2017, Annisa memang sering mem-posting beberapa hal terkait Batak lewat akun Instagram-nya.

Annisa pernah menegaskan bahwa dia adalah Boru Batak, sambil mengunggah foto keluarga besar Pohan.

"Keluarga Besar Pohan (saya keturunan Pohan Simanjuntak nomor 16). Horas! horas! Horas!” tulis Annisa dalam caption foto lewat akun @annisayudhoyono, Sabtu (1/10).

Annisa juga pernah mem-posting foto menjalani prosesi adat Batak Mandailing bersama suaminya. Keduanya diulosi oleh Komunitas Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan Jakarta Raya di sebuah kafe Mandailing di Jaksel, Senin (17/10). Mereka juga manortor dalam acara itu.