Aneh! Wartawan Justru Dilarang Masuk saat Pemilihan Ephorus HKBP

Laurencius Simanjuntak | Kamis, 15 September 2016 10:09:30

Sinode Godang HKBP ke-63/batakgaul
Sinode Godang HKBP ke-63/batakgaul

Wartawan peliput Sinode Godang (SG) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63 tidak diperbolehkan masuk Auditorium HKBP, Sipoholon, Tapanuli Utara, tempat pemilihan calon ephorus periode 2016-2020. 

Hal ini aneh mengingat selama pembukaan hingga pembahasan rapat tata tertib pemilihan, pewarta yang memakai emblem identitas (ID) dari panitia, dipersilakan meliput. Apalagi, dalam pemilihan ephorus empat tahun lalu, wartawan juga dibebaskan meliput.

“Memang wartawan tidak boleh masuk saat pemilihan,” kata Koordinator Seksi Publikasi dan Dokumentasi, Pdt Bintahan Harianja, lewat pesan singkat kepada wartawan, Kamis (15/9).

Saat ditanya apa alasan wartawan dilarang masuk justru saat agenda terpenting SG, Bintahan cuma menjawab, “Sudah keputusan panitia.”

Proses pemilihan sudah berlangsung pukul 09.00 Wib. Dari lima calon ephorus, yang menguat sampai detik-detik terakhir adalah Pdt Darwin Lumbantobing dan Pdt Robinson Butar-butar.

(BACA: Ini Para Bakal Calon Ephorus HKBP yang Baru)

Namun, calon lain seperti Pdt David Sibuea tidak mau kalah. Dia mengirim SMS blast secara acak kepada orang-orang di area SG. 

"Kiranya Tuhan menerangi hati kita untuk memilih Pimpinan HKBP yang penuh DAMAI, BERWIBAWA, JUJUR, berjiwa HURIA dan hidup dalam DOA. Pdt David Farel Sibuea,” demikian isi SMS blast tersebut.