Alasan Luhut Pandjaitan Dirikan Institut Del di Kampung Halaman

Coky Simanjuntak | Kamis, 05 Januari 2017 08:01:02

Institut Teknologi Del/FB: Luhut Pandjaitan
Institut Teknologi Del/FB: Luhut Pandjaitan

Bukan informasi baru bahwa Institut Teknologi Del di Sitoluama, Laguboti, Tobasa, Sumut, adalah milik Luhut Binsar Pandjaiatan. Menko Maritim tersebut sudah mendirikan perguruan tinggi di kampung halamannya itu sejak 2001.

Lalu apa alasan Luhut memilih mendirikan institut bergengsi itu di kampung halamannya yang terpencil? 

"Pernah ada yang bertanya, untuk apa saya mendirikan sekolah IT jauh-jauh di kampung halaman saya yang terpencil di Sumatera Utara. Jawabannya, karena saya punya mimpi bahwa suatu ketika akan ada mahasiswa/i atau dosen dari sana yang memenangkan penghargaan tingkat dunia, the Nobel Prize,” kata Luhut lewat fan page Facebook-nya belum lama ini.

Didirikan sejak 2001, Institut Teknologi Del awalnya adalah Politeknik Informatika Del. Perguruan tinggi ini, kata Luhut, mendidik anak-anak kampung yang cerdas tapi memiliki keterbatasan informasi dan ekonomi sehingga tak dapat melanjutkan studi ke kampus berkualitas. 

(BACA: 3 Fakta Menarik tentang Pendidikan Orang Batak)

Institut Teknologi Del/FB: Luhut Pandjaitan

Seiring tuntutan masyarakat dan teknologi, politeknik kemudian berubah bentuk menjadi Institut Teknologi Del sejak 2013.

Setelah 16 tahun berdiri, kata Luhut, perguruan tinggi yang didirikannya itu sudah mencetak alumni yang telah bekerja di banyak perusahaan besar, bahkan sampai ke mancanegara.

"Sampai 2016, 90 persen dari total 895 orang lulusan Del langsung bekerja sebagai profesional IT dengan masa tunggu sekitar 1 bulan setelah lulus. Sedangkan 10 persen sisanya memutuskan studi lanjut,” kata Luhut membuka data lulusan.

(BACA: Pendidikan Orang Batak Sudah Terbaik di Indonesia pada Abad 19)

Bagi Luhut, Institut Teknologi Del adalah kontribusi sekaligus persembahan kepada kampung halaman dan bangsa ini.

“Persepuluhan yang saya bisa berikan bagi kampung halaman sekaligus bagi bangsa ini,” ujar Luhut menambahkan Institut Teknologi Del tengah membuka pendaftaran calon mahasiswa Tahun Ajaran 2017/2018.

SPONSORED
loading...