Aktivis Abdon Nababan Siap Nyalon Gubsu dari Jalur Independen

Coky Simanjuntak | Rabu, 12 Juli 2017 19:07:57

Abdon Nababan/FB
Abdon Nababan/FB

Aktivis dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman), Abdon Nababan, menyatakan siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) pada Pilkada 2018 mendatang.

Pria kelahiran Huta Pealangge, Siborongborong, Taput, 53 tahun silam berencana menempuh jalur independen (nonparpol).

"Bagi para sahabat yang masih belum rela, mohon keikhlasannya untuk saya mengambil jalur berliku yang penuh onak dan duri ini,” kata Abdon lewat akun Facebook-nya, Rabu (12/7).

Keputusan ini, kata Abdon, diambil setelah "galau panjang dan mendapatkan beragam pandangan dari banyak sekali kawan dan ‘lawan' dan petuah-petuah dari para tetua adat.”

Sebelumnya, Abdon sudah dicalonkan oleh Aman Tano Batak, Aman Sumut dan Aman Tanoh Pakpak. Pencalonan ini juga sudah disetujui dalam Rapat Pengurus Besar (RPB) XIX Aman.

Abdon mengaku tidak pernah bercita-cita jadi pejabat pemerintah, apalagi di kampung sendiri yang dipilih oleh rakyat lewat Pilkada.

“Bahkan memikirkannya saja sudah ciut duluan karena tahu bahwa demokrasi kita saat ini sangat liberal dan transaksional,” ujarnya.

"Saya ini hanya anak kampung ‘ndeso' dari Huta Pealangge di Siborongborong, yang berusaha jadi manusia berguna bagi sahabat dan kerabat,” ujarnya.

Oleh karenanya, Abdon memohon restu dan dukungan Sobat Nusantara dan teman Facebookers untuk pencalonannya.

“Agar saya bisa melaksanakan tugas berat ini dengan ringan hati dan tetap ceria,” tulisnya sambil menambahkan hastag #BerkaryaDenganCinta