Akhir Tahun Ini, Silangit Sudah Jadi Bandara Internasional

Ester Napitupulu | Jumat, 14 April 2017 21:04:47

Bandara Silangit/batakgaul
Bandara Silangit/batakgaul

“Dalam rapat ini semua stakeholder sudah on track,” sambungnya.

Hanya saja, sambung Arie, ada hal-hal yang masih perlu dikoordinasikan. Namun, target untuk menjadikan Bandara Silangit sebagai international airport sudah ditetapkan, yakni pada September tahun ini.

Untuk itu, AirNav Indonesia akan melakukan survei mendalam untuk pemasangan instrument landing system (ILS) bagi Bandara Silangit. BUMN bidang navigasi penerbangan itu akan berkoordinasi dengan PT AP II dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara terkait penempatan instrument landing system (ILS).

“Pemasangan lampu ILS membutuhkan lintasan sepanjang 1.200 meter. Untuk itu AirNav akan melakukan survei dan pengukuran pada 18-20 April 2017,” tutur Arie.

Rencana lain yang akan dikebut adalah persiapan untuk fasilitas bea cukai, imigrasi, karantina dan orotitas pelabuhan atau yang lebih dikenal dengan singkatan CIQP (costum, imigration, qarantina dan port authority). Persiapan CIQP itu akan dibahas dalam rakor selanjutnya di Bandara Silangit pada 19 April mendatang.

Rakor itu sekaligus untuk membicarakan layout terminal terkait penempatan lokasi CIQP, baik di dalam maupun diluar terminal Bandara Silangit,” pungkasnya.