Akhir Tahun Ini, Silangit Sudah Jadi Bandara Internasional

Ester Napitupulu | Jumat, 14 April 2017 21:04:47

Bandara Silangit/batakgaul
Bandara Silangit/batakgaul

Recana pemerintah untuk menjadikan Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, sebagai bandara internasional, bukan isapan jempol. Setidaknya di akhir tahun ini rencana tersebut bakal terwujud.

"Sudah kami majukan, akhir 2017 ini Silangit sudah jadi international airport," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi Karya Sumadi memastikan status itu saat rapat koordinasi di Hotel Mercure, Kuta, bersama Menkomar Luhut Binsar Pandjaitan, Menpar Arief Yahya dan Gubernur Bali Made Pangku Pastika, Kamis (13/4). 

Sebagaimana siaran pers, Sabtu (14/4) Luhut pun hanya tersenyum mendengar pernyataan Budi Karya yang merupakan lulusan UGM Yogjakarta itu. Sedang Menpar Arief menyebutkan, semua destinasi prioritas harus memiliki international airport, untuk memantapkan destinasi kelas dunia yang sudah dipilih Presiden Jokowi itu.

Dari Jakarta, Kepala Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo mengatakan, pihaknya juga telah menggelar rapat koordinasi (rakor) ketiga tentang tindak lanjut pengusulan Bandara Silangit sebagai international airport, Rabu (12/4). 

Arie menuturkan, rakor yang dipimpin Direktur Destinasi Pariwisata BOPDT Tata Syafaat itu dihadiri para perwakilan pemerintah daerah yang bersentuhan langsung dengan kawasan Danau Toba. Selain itu, rakor juga dihadiri pihak Angkasa Pura II, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan.

Bahkan pejabat-pejabat penting Kemenpar pun ikut hadir dalam rakor itu. Antara lain Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki dan Ketua Pokja 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Kemenpar Hiramsyah S Thaib.

“Seluruh stakeholder yang terlibat dalam pengusulan bandara internasional hadir. Tujuan rapat memang membahas progres kesiapan semua stakeholders untuk persiapan Bandara Silangit menjadi bandara internasional,” ujar Arie.

Hasil rakor pun menunjukkan progres menggembirakan.

Apa itu?