291 Pendeta Layak Jadi Ephorus HKBP, 5 Siap Maju!

Laurencius Simanjuntak | Minggu, 11 September 2016 13:09:38

Ephorus HKBP Pdt Willem Simarmata (tengah) dengan para calon ephorus 2016-2020 (baris depan)/hkbp.or.id
Ephorus HKBP Pdt Willem Simarmata (tengah) dengan para calon ephorus 2016-2020 (baris depan)/hkbp.or.id

Siapa yang akan menjadi Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) 2016-2020 akan ditentukan dalam Sinode Godang ke-63 yang akan dibuka di Seminarium Sipoholon, Tarutung, Tapanuli Utara, Senin (12/9) besok.

Sebanyak 291 pendeta berhak maju sebagai calon Ephorus dan 586 pendeta sebagai calon sekjen.

"Hanya saja, sudah ada lima pendeta yang menyatakan dirinya akan maju sebagai calon Ephorus dan 15 pendeta untuk calon sekjen,” kata Wakabiro Personalia Kantor Pusat HKBP, Pdt Freddy Tinambunan, seperti dikutip dari SIB.

(BACA: HKBP Organisasi Keagamaan Terbesar Ketiga di Indonesia)

Freddy memaparkan, sampai saat ini sudah lima pendeta yang menyatakan dirinya maju sebagai calon ephorus menurut abjad yaitu: 

  • Pdt Aram Ompusunggu
  • Pdt Darwin Lumban Tobing
  • Pdt David Sibuea
  • Pdt Robinson Butarbutar
  • Pdt Saut Sirait

 

(BACA: Gereja Tertua Ini Jejak Pertama Orang Batak di Jakarta)

Sementara, pendeta yang sudah menyatakan siap menjadi sekjen antara lain Pdt Midian KH Sirait MTh, Pdt Daniel Harahap MTh, Pdt Martunas Manullang, Pdt Maulinus Siregar STh, Pdt Dr Martongo Sitinjak, Pdt Dr Fritz Sihombing,  Pdt Freddy Tinambunan  STh  MM.

Seperti diketahui, total ada 1.584 suara yang akan diperebutkan dalam forum tertinggi HKBP ini. 

Menurut informasi yang dihimpun, mereka yang mempunyai hak suara yakni ephorus, sekjen, 3 kepala departemen, 30 praeses, MPS 2012-2016, pendeta ressort, seorang sintua utusan setiap ressort (731 ressort), KRP, 2 utusan guru huria, 2 utusan bibelvrouw, 2 utusan diakones, pimpinan panca lembaga dan badan audit, Balitbang, badan usaha dan badan pendidikan HKBP.