2.400 Hektar Hutan Kawasan Pusuk Buhit Samosir Terbakar

Laurencius Simanjuntak | Senin, 29 Agustus 2016 13:08:44

Ilustrasi kebakaran hutan Toba/batakgaul
Ilustrasi kebakaran hutan Toba/batakgaul

Kebakaran hutan dan lahan masih berlangsung sampai hari ini, Senin (29/8), di kawasan Pusuk Buhit, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menurut perkiraan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kebakaran telah melahap 2.400 hektar lahan dan api masih terus melebar. 

Wilayah yang sama sebelumnya juga pernah terbakar pada Juni hingga 20 Agustus 2016 lalu. Namun api kembali menyala sejak Sabtu (28/8).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, dan masyarakat masih memadamkan api. 

"Saat ini sudah dua orang warga yang ditangani kepolisian karena diduga membakar,” ujarnya.

Menurutnya, upaya pemadaman dilakukan manual dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran. 

"Petugas membuat sekat agar api tidak menyebar ke permukiman di kaki gunung,” ujarnya.

Belum Siaga

Hingga saat ini Bupati Kabupaten Samosir belum menetapkan status Siaga Darurat meskipun wilayahnya terbakar sejak Juni 2016. Padahal, Kepala BPBD Samosir sudah mengusulkan ke Bupati agar segera menetapkan status darurat. 

"Kebakaran hutan dan lahan saat ini berada di lokasi baru di Kabupaten Samosir,” ujar Sutopo.

Sementara itu, BNPB segera memberikan bantuan helikopter water bombing untuk pemadaman dari udara. Sebelumnya BNPB juga mengirimkan helikopter dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Samosir pada Juni hingga 20 Agustus 2016.