2 Calon Ephorus HKBP Tolak Permintaan Effendi Simbolon

Laurencius Simanjuntak | Selasa, 13 September 2016 22:09:07

Effendi Simbolon di Sinode Godang HKBP ke-63 di Sipoholon, Taput/batakgaul
Effendi Simbolon di Sinode Godang HKBP ke-63 di Sipoholon, Taput/batakgaul

Effendi Simbolon diberi kesempatan menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Sinode Godang Huria Kristen Batak Protesta (HKBP) ke-63 di Auditorium HKBP, Sipoholon, Tapanuli Utara, Selasa (13/9). 

Di akhir kata pidatonya, Effendi yang disebut mewakili jemaat (ruas) meminta para bakal calon ephorus yang sudah menyatakan kesiapannya untuk berdiri. 

“Pendeta Robinson Butarbutar coba berdiri,” kata Effendi.

Tak lama setelah diminta politikus PDI Perjuangan itu, Robinson pun berdiri. Dia bahkan melempar senyum dan melambaikan tangan ke arah 1.500-an sinodestan.

"Ini wajahnya mirip Nommensen lho," seloroh Effendi.

(BACA: Effendi Simbolon: Au Politisi, Satonga Jolma, Satonga Begu)

Melihat tidak ada tepuk tangan dari para sinodestan, Effendi heran. “Kok belum tepuk tangan. Ai na so sahat do (Belum sampai juga ya?),” kata Effendi yang disambut riuh.

Sahat tona i maksudku (sampai pesannya maksud saya),” kata Effendi cepat-cepat sebelum menjadi spekulasi.

4 Bakal calon Ephorus HKBP (barisan depan)/hkbp.or.id

Berbeda dengan Robinson, Pdt Saut Sirait tidak mau memenuhi permintaan Effendi agar berdiri. Saut hanya mengangkat jempolnya ke arah Effendi.

“Lho apa itu jempol maksudnya?” tanya Effendi tanpa serius meminta jawaban.

Hal serupa dilakukan Pdt Darwin Tobing, yang disebut-sebut sebagai calon kuat ephorus. Tanpa senyum sedikit pun, Darwin menolak dengan mengangkat kedua tangannya ke arah anggota DPR tersebut.

“Oh tidak mau berdiri,” kata Effendi.

(BACA: Ini Para Bakal Calon Ephorus HKBP yang Baru)

Karena mendapat penolakan tegas dari Darwin, Effendi lantas tidak melanjutkan permintaannya ke bakal calon ephorus yang lain, seperti Pdt David Sibuea.

Dia kemudian cepat-cepat menutup pidatonya yang sudah memakan waktu belasan menit.

Untuk diketahui, hadir dalam pembukaan Sinode Godang sejumlah perwakilan menteri, tokoh HKBP S.A.E Nababan, Ketua Yayasan Kesehatan HKBP Trimedya Panjaitan, Ketua Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Nurdin Tampubolon, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.