Dua Hari Mencari Jodoh Batak lewat ‘Gondang Naposo’

Jordan Silaban | Minggu, 08 Mei 2016 01:05:58

Ilustrasi Gondang Naposo/Youtube
Ilustrasi Gondang Naposo/Youtube

Bagi muda-mudi Batak (naposo) yang sedang jomblo, sering-seringlah datang ke “Gondang Naposo”. Sebab, acara kebudayaaan Batak ini banyak dihadiri sesama muda-mudi, dan tidak sedikit yang datang dengan tujuan mencari jodoh.

Acara serupa digelar Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, di Desa Urat pelataran Tugu Sinaga, Kecamatan Palipi, selama dua hari 6-7 Mei 2016.

Sedikitnya 12 sanggar tari di Kabupaten Samosir dan delapan dari Kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Kota Pematangsiantar dan Medan mengikuti acara tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya (Parsenibud), Ombang Siboro mengatakan, kegiatan tahunan ini sebagai upaya pemerintah setempat untuk melestarikan dan mengembangkan nilai budaya, khususnya kepada kaum muda.

"Rangkaian dari HSF (Horas Samosir Fiesta) tahun 2016, kami harapkan juga menjadi sarana pertunjukan dan hiburan bagi wisatawan dan masyarakat," ujar Ombang.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, mengatakan budaya Batak sebagai warisan leluhur layak dibanggakan dan ditampilkan menjadi satu daya tarik wisata Samosir.

Menurut Rapidin, diperlukan kreativitas para kawula muda untuk mengembangkan seni budaya sesuai perkembangan jaman, tanpa menghilangkan roh asli, supaya diminati masyarakat luas.

Menurut Budayawan Batak, Monang Naipospos, Gondang Naposo adalah sarana membina hubungan generasi muda dan pematangan jiwa kemandirian dan tidak jarang menjadi ajang penemuan jodoh. 

(BACA: Ketika Pengantin Batak Tak Bisa Nikmati Malam Pertama)

Gondang Naposo, kata dia, biasanya dilakukan saat bulan purnama setelah usai upacara Asean Taon. Mangase taon biasanya setelah panen raya. Asean taon merupakan “hari raya” besar bagi orang Batak tempo dulu.

“Di berbagai daerah ada yang benyebut Pesta Bius, pasahat Horbo Bius, Patasumangot dan lain-lain menurut kebiasaan penyebutannya,” kata Monang lewat blognya, tanobatak.wordpres.com